Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Robusta Indonesia Paling Digemari Pecinta Kopi Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 21 April 2024, 08:30 WIB
Robusta Indonesia Paling Digemari Pecinta Kopi Mesir
Peresmian kafe Brazilian Coffee House/Bayt El Bon Brazili di kawasan Mohandessen, Giza pada 16 April 2024/Ist
rmol news logo Produk kopi robusta asal Indonesia merupakan salah satu primadona yang paling disukai pecinta kopi Mesir.

Begitu yang disampaikan pemilik pabrik pengolahan kopi Golden Coffee bean di Bandar Lampung, Hasan Sayed Haggag kepada Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dan Duta Besar Ethiopia untuk Mesir Hassan Ibrahim Musa di acara peresmian kafe Brazilian Coffee House/Bayt El Bon Brazili di kawasan Mohandessen, Giza pekan lalu.

Dikatakan Haggag, kopi robusta Indonesia kerap digunakan sebagai campuran untuk penyeduhan kopi menggunakan metode Turkish Coffee atau Kopi Turki.

Turkish Coffee sendiri merupakan cara penyajian kopi tradisional dengan mencampurkan robustan 80 persen dan arabika 20 persen sehingga memiliki rasa dan aroma kuat, dengan tekstur kental dan lembut.

"Ekspor kopi Indonesia ke Mesir masih didominasi oleh jenis kopi robusta. Warga Arab, khususnya warga Mesir dan sekitarnya tidak dapat menikmati kelezatan Turkish Coffee tanpa adanya campuran robusta Indonesia," ujar Haggag, seperti tertera dalam keterangan yang diterima redaksi pada Minggu (21/4).

Menurut Haggag, campuran kopi robusta dari Indonesia pada Kopi Turki memberi tekstur dan rasa yang unik. Sehingga tidak bisa dipungkiri produk ini banyak diminati.

Merespon pemaparan Haggag, Dubes RI merasa senang karena robusta Indonesia bisa dipasarkan secara masif di Mesir.

"Tentunya peminat kopi Robusta Indonesia memiliki peminat yang tinggi di Mesir, hal ini tidak menjadi penghalang untuk juga secara bersama mempromosikan biji kopi Arabika yang memiliki potensi sebagai kopi single origin dengan nilai jual yang amat tinggi di pasar ekspor," kata dia.

Dubes juga berharap kerjasama perdagangan kopi kemitraan dalam perdagangan kopi Indonesia terus berkembang.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti mengungkapkan, potensi ekspor kopi masih sangat tinggi untuk pasar Mesir, meskipun harga ekspor semakin tinggi pada hari-hari ini.

Untuk itu Tim Promosi Ekonomi dan Perdagangan KBRI Kairo akan terus mengenalkan kopi asal Sumatera, Jawa, dan juga varietas kopi  lainnya seperti kopi Bali Kintamani, Sulawesi Toraja, dan Flores.

"Masing-masing kopi ini memiliki ciri khasnya masing-masing dan banyak dicari oleh para pecinta kopi karena rasa dan aromanya yang unik," jelas Syahran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA