Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Pesan Agar Israel dan Iran Hindari Eskalasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 17 April 2024, 10:25 WIB
Jokowi Pesan Agar Israel dan Iran Hindari Eskalasi
Presiden RI, Joko Widodo/Net
rmol news logo Ketegangan militer antara Iran dan Israel dikhawatirkan memicu perang baru di Kawasan Timur Tengah.

Untuk itu, Presiden RI Joko Widodo meminta agar kedua pihak berkonflik menahan diri dan menghindari eskalasi yang tidak perlu.

"Pesan bapak presiden tadi dua yaitu tolong terus melakukan upaya diplomatik agar pihak yang terkait menahan diri dan dari terjadinya eskalasi karena eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapapun," ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, merujuk pada pernyataan Jokowi selama rapat hari Selasa (16/4).

Retno mengatakan pihaknya terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak baik di Timur Tengah maupun dengan negara-negara Barat untuk berdiskusi mengenai situasi perkembangan konflik Israel-Iran.

"Komunikasi antara para menteri luar negeri terus dilakukan sekali lagi agar pihak terkait menahan diri dan tidak terjadi eskalasi," ungkapnya.

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel pada Sabtu malam (13/4), menandai serangan langsung pertama Teheran di wilayah pendudukan.

Serangan itu terjadi sebagai pembalasan atas serangan udara Israel di gedung konsulat Iran di Damaskus yang menewaskan tujuh tentara Korps Garda Revolusi Islam, termasuk dua jenderal.

Israel dan sekutu-sekutunya menembak jatuh sebagian besar drone dan rudal Iran. Dilaporkan satu orang cedera akibat serangan tersebut.

Namun kekhawatiran mengenai potensi pembalasan Israel tetap memicu ketakutan akan perang regional yang besar-besaran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA