Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Chandrayaan-3 Raih Penghargaan Eksplorasi Angkasa Luar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Kamis, 11 April 2024, 17:26 WIB
Tim Chandrayaan-3 Raih Penghargaan Eksplorasi Angkasa Luar
Konsul Jenderal India di Houston, DC Manjunath, menerima penghargaan atas nama tim Chandrayaan-3 ISRO.
rmol news logo Tim misi Chandrayaan-3 Badan Ruang Angkasa India (ISRO) menerima Penghargaan John L “Jack” Swigert Jr. untuk Eksplorasi Angkasa Luar 2024.

Ini adalah penghargaan tertinggi dari Space Foundation yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan tahunan ini diberikan kepada badan antariksa, perusahaan, atau konsorsium organisasi di bidang eksplorasi dan penemuan luar angkasa.

Penghargaan tersebut diserahkan pada upacara pembukaan tahunan Simposium Luar Angkasa Space Foundation di Colorado pada tanggal 8 April. Konsul Jenderal India di Houston, DC Manjunath, menerima penghargaan atas nama tim Chandrayaan ISRO.

Pemenang baru-baru ini dari Penghargaan John L. “Jack” Swigert Jr. termasuk NASA dan tim OSIRIS-REx Universitas Arizona, tim di balik Helikopter Ingenuity JPL Mars NASA dan InSight-Mars Cube One, NASA Dawn, dan Cassini.

Space Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1983 yang menawarkan informasi, pendidikan, dan kolaborasi untuk ekosistem luar angkasa global. Simposium Luar Angkasa, yang diselenggarakan oleh Space Foundation sejak tahun 1984, merupakan pertemuan ekosistem luar angkasa global.

Sebelumnya pada bulan Januari, Space Foundation mengumumkan bahwa mereka telah memilih Tim Misi Chandrayaan-3 sebagai penerima Penghargaan John L “Jack” Swigert Jr. 2024 untuk Eksplorasi Angkasa Luar.

India adalah negara pertama yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di Kutub Selatan Bulan. Chandrayaan-3, sebuah misi yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India, memperluas aspirasi eksplorasi ruang angkasa umat manusia ke wilayah baru dan subur untuk saling memahami dan bekerja sama, menurut Space Foundation.

Selain itu, pencapaian teknis dan teknik yang ditunjukkan oleh misi ini menunjukkan kepada dunia kepemimpinan dan kecerdikan masyarakat India yang tidak perlu dipertanyakan lagi dalam ekosistem ruang angkasa global.

Dalam siaran persnya, CEO Space Foundation Heather Pringle mengatakan, “Kepemimpinan India di bidang luar angkasa adalah inspirasi bagi dunia.”

Dia menambahkan, “Pekerjaan perintis dari seluruh tim Chandrayaan-3 kembali meningkatkan standar eksplorasi ruang angkasa, dan pendaratan mereka yang luar biasa di bulan menjadi teladan bagi kita semua. Selamat dan kami tidak sabar untuk melihat apa yang Anda lakukan selanjutnya!”

Siaran pers yang dikeluarkan oleh Space Foundation menyatakan, “Penghargaan John L “Jack” Swigert Jr. untuk Eksplorasi Luar Angkasa mengakui pencapaian luar biasa yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, badan antariksa, atau konsorsium organisasi di bidang eksplorasi dan penemuan luar angkasa.”

“Penghargaan ini menghormati kenangan astronot John L “Jack” Swigert Jr., salah satu inspirasi pendirian Space Foundation. Berasal dari Colorado, Swigert bertugas bersama pensiunan Kapten Angkatan Laut AS James A Lovell Jr. dan Fred Haise dalam misi bulan Apollo 13 yang legendaris, yang dibatalkan setelah pecahnya tangki oksigen saat dalam perjalanan ke Bulan,” tambahnya.

Pada bulan September tahun lalu, Chandrayaan-3 mendarat di Kutub Selatan bulan yang belum dipetakan setelah perjalanan 40 hari ke angkasa luar, menjadikan India negara pertama yang melakukannya. India juga menjadi negara keempat setelah AS, Rusia, dan Tiongkok yang berhasil melakukan misi pendaratan di bulan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA