Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kremlin: Rusia dan NATO Sudah Terlibat Konfrontasi Langsung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 04 April 2024, 17:47 WIB
Kremlin: Rusia dan NATO Sudah Terlibat Konfrontasi Langsung
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov/Net
rmol news logo Hubungan antara Rusia dan negara-negara anggota NATO semakin memburuk, bahkan digambarkan sudah di titik konfrontasi langsung.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Kamis (4/4) menyebut perkembangan hubungan sudah di titik terendah sejak NATO terlibat membantu Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

"Faktanya, hubungan kini telah merosot ke tingkat konfrontasi langsung," ujar Peskov, seperti dimuat Reuters.

Dia menyoroti bagaimana NATO memperluas cakupan aliansi dengan memasukkan Finlandia dan Swedia ke dalam keanggotaannya.

"NATO sudah terlibat dalam konflik di sekitar Ukraina (dan) terus bergerak menuju perbatasan kami dan memperluas infrastruktur militernya menuju perbatasan kami," tuturnya.

Presiden Rusia, Vladimir Putin  berulang kali mengatakan bahwa Rusia ditipu Barat setelah Perang Dingin dan aliansi Pakta Warsawa Moskow dibubarkan.

NATO saat itu justru bergerak ke arah timur dengan memasukkan mantan anggota Pakta Warsawa dan tiga negara Baltik yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Negara-negara Barat menolak tuduhan tersebut tersebut, dan mengatakan bahwa NATO adalah aliansi defensif dan bergabung dengan NATO adalah pilihan demokratis negara-negara yang telah melepaskan diri dari pemerintahan Komunis selama beberapa dekade.

NATO mengatakan pihaknya membantu Ukraina berjuang untuk bertahan hidup dalam menghadapi agresi Rusia, dan telah membekali Kyiv dengan senjata, pelatihan, dan intelijen canggih.

Kendati demikian, menurut Rusia apa yang dilakukan NATO justru menjadikannya secara de facto terlibat dalam perang.

Februari lalu, Putin mengancam bahwa konflik langsung antara Rusia dan NATO akan membawa planet ini selangkah lagi menuju Perang Dunia Ketiga.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA