Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerja Sama Maritim

Kapal Pengendali Polusi India Kunjungi Vietnam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 04 April 2024, 05:06 WIB
Kapal Pengendali Polusi India Kunjungi Vietnam
Kapal Pengendali Polusi Penjaga Pantai India (ICG) Samudra Paheredar, dengan helikopter integral, berlabuh di Ho Chi Minh, Vietnam sebagai bagian dari muhibahnya ke negara-negara ASEAN.
rmol news logo Kapal Pengendali Polusi Penjaga Pantai India (ICG) Samudra Paheredar, dengan helikopter integral, berlabuh di Ho Chi Minh, Vietnam sebagai bagian dari muhibahnya ke negara-negara ASEAN.

Selama kunjungan tiga hari yang dimulai Selasa (2/4), kru ICG akan terlibat dalam interaksi profesional yang berfokus pada respons polusi laut, pencarian dan penyelamatan maritim, dan penegakan hukum maritim.

Kegiatan-kegiatan tersebut juga akan mencakup pelatihan lintas dek, pertukaran ahli materi pelajaran, acara olahraga dan latihan lintas kapal dengan Penjaga Pantai Vietnam (VCG).

Kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat hubungan antara ICG dan VCG, namun juga menunjukkan kemampuan pembuatan kapal dalam negeri India. Selain itu, 25 taruna Korps Kadet Nasional (NCC) yang berada di kapal tersebut akan mengikuti kegiatan Walkathon dan Beach Clean-up.

Sejak tahun 2015, ICG dan VCG telah memiliki Memorandum of Understanding (MOU) yang melembagakan kerja sama antara kedua lembaga maritim tersebut. Penempatan di luar negeri ini merupakan bukti komitmen ICG untuk memperkuat hubungan bilateral dan meningkatkan kerja sama internasional dengan negara-negara sahabat.

Kunjungan kapal khusus ICG ke negara-negara tersebut sejalan dengan Inisiatif India ASEAN untuk pencemaran laut yang diumumkan pada Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus di Kamboja pada tahun 2022.

Penyebaran Kapal Samudra Paheredar ke kawasan ASEAN mencerminkan kepedulian dan tekad bersama India terhadap pencemaran laut, serta mendorong keselamatan dan keamanan melalui kerja sama maritim. Sebelum Ho Chi Minh, kapal tersebut telah mengunjungi Manila, Filipina untuk menunjukkan kelanjutan hubungan diplomatik maritim di kawasan ASEAN. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA