Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Thailand dan India Amankan Samudera Hindia, Laut Merah, dan Teluk Aden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 03 April 2024, 03:42 WIB
Thailand dan India Amankan Samudera Hindia, Laut Merah, dan Teluk Aden
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) India Laksamana R. Hari Kumar mengadakan pertemuan dengan KSAL Thailand Laksamana Adoong Paan-Iam hari Senin (1/4)./Devdiscourse
rmol news logo Republik India dan Kerajaan Thailand membahas berbagai langkah untuk memperkuat kerjasama di Samudera Hindia, jugakeamanan Laut Merah dan Teluk Aden. Kedua negara sepakat melakukan upaya kolaboratif untuk menjamin perdamaian, stabilitas, dan keamanan maritim.

Demikian antara lain hasil dari pertemuan antara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) India Laksamana R. Hari Kumar mengadakan pertemuan dengan KSAL Thailand Laksamana Adoong Paan-Iam hari Senin lalu (1/4).

Menurut siaran pers Kementerian Pertahanan India, diskusi antara Laksamana R. Hari Kumar dan Laksamana Adoong Pan-Iam fokus pada i kerjasama timbal balik di bidang maritim, program pertukaran pelatihan, dan berbagi informasi. Sebelumnya pada hari yang sama, Laksamana Adoong Pan-Iam meletakkan karangan bunga seremonial di National War Memorial. Ia disambut oleh Pengawal Kehormatan yang biasa diberikan oleh Angkatan Laut India di Blok Selatan.

Kunjungannya ke India merupakan bukti kuat  hubungan bilateral dan persahabatan abadi antara Angkatan Laut India dan Thailand.

Angkatan Laut India dan Thailand telah melakukan Patroli Terkoordinasi secara rutin dua kali setahun sejak tahun 2005, dan Latihan bilateral perdana IN-RTN, yaitu Ex-Ayutthaya diadakan pada bulan Desember 23 tahun lalu.

Baru-baru ini, satu kapal Angkatan Laut Kerajaan Thailand, HTMS Prachup Kheri Khan, berpartisipasi dalam MILAN 24, yang diadakan pada bulan Februari 2024 di Visakhapatnam. Kedua angkatan laut tersebut juga merupakan anggota aktif dari Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan Indian Ocean Rim Association (IORA). rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA