Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS dan Argentina Perangi Pencurian Ikan oleh Tiongkok di Samudera Atlantik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 01 April 2024, 04:06 WIB
AS dan Argentina Perangi Pencurian Ikan oleh Tiongkok di Samudera Atlantik
Gambar yang dirilis oleh Kantor Pers Angkatan Laut Argentina menunjukkan Patroli Laut ARA "Bouchard" mengawal kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok setelah tertangkap beroperasi secara ilegal di Zona Ekonomi Eksklusif Argentina, 4 Mei 2020./VOA
rmol news logo Amerika Serikat dan Argentina akan meningkatkan kewaspadaan terhadap praktik pencurian ikan yang kerap terjadi di Samudera Atlantik. Latihan gabungan yang dilakukan Penjaga Pantai Amerika Serikat dan Angkatan Laut Argentina bulan ini bertujuan memerangi penangkapan ikan ilegal oleh kapal-kapal Tiongkok.

VOA melaporkan, Argentina, Chile dan Peru telah mengkritik kapal yang dioperasikan Tiongkok karena melakukan penangkapan ikan invasif skala besar di perairan teritorial mereka tanpa peraturan, yang menurut negara-negara Amerika Selatan telah menghabiskan stok ikan dan merusak keanekaragaman hayati alami di Atlantik barat daya. Ini adalah tempat bersarang utama bagi burung laut dan tempat mencari makan mamalia laut.

Penjaga Pantai AS akan mengirimkan kapal perusaknya, USS James, untuk bekerja sama dengan kapal-kapal Argentina untuk mengekang praktik penangkapan ikan ini.

Menurut data dari LSM Global Fishing Watch, hampir 3.000 kapal penangkap ikan perairan dalam beroperasi di bawah bendera Tiongkok secara global, termasuk sekitar 400 kapal di Atlantik barat daya, yang sering kali menargetkan cumi-cumi Argentina dan ikan gigi Patagonian. LSM tersebut mengatakan aktivitas kapal Tiongkok di Atlantik barat daya meningkat dari 61.727 jam per 500 kilometer persegi pada tahun 2013 menjadi 384.046 jam pada tahun 2023.

Sejak tahun 1986, pihak berwenang Argentina telah menyita 80 kapal berbendera asing yang sedang memancing di perairan mereka, termasuk menenggelamkan kapal Tiongkok dan Taiwan.

Pelayaran gabungan AS-Argentina yang akan datang untuk memerangi penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur atau illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing, terutama yang dilakukan oleh kapal penangkap ikan Tiongkok, merupakan bagian dari upaya global dan berkelanjutan untuk memperkuat kemitraan keamanan maritim. Pada tahun 2020, Amerika Serikat meluncurkan strategi baru untuk memerangi penangkapan ikan IUU, dan Penjaga Pantai mempelopori upaya tersebut. Di Amerika Selatan, mereka telah meningkatkan kerja sama dengan Ekuador, Peru, dan Chile.

Para analis mengatakan kerja sama Penjaga Pantai dengan Argentina, bersama dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Direktur CIA William Burns baru-baru ini mencerminkan pergeseran pemerintahan baru Presiden Argentina Javier Milei, yang dipilih pada bulan November, menjauh dari Tiongkok dan menuju Amerika Serikat.

“Provinsi penghasil ikan di Patagonia telah memperingatkan tentang situasi serius penangkapan ikan ilegal dan Presiden Milei memiliki posisi yang sangat jelas dalam kaitannya dengan Tiongkok,” kata Gabriela Ippolito O'Donnell, seorang profesor ilmu politik di Universitas Nasional San Martín di Argentina, kepada VOA Mandarin.

“Presiden Milei tidak diragukan lagi selaras dengan AS, terlebih lagi jika Donald Trump memenangkan pemilu. Dia telah menunjukkan tanda-tanda perubahan 180 derajat dalam kebijakan luar negeri dalam segala aspeknya, termasuk militer.”

O’Donnell mengatakan keputusan untuk menghentikan praktik penangkapan ikan ilegal di Tiongkok lebih dari sekadar langkah simbolis.

“Ada perubahan penting dalam hubungan luar negeri Argentina,” kata O’Donnell. “Tentu saja, militer Argentina dan oposisi politik akan mempunyai suara dalam proses pemulihan hubungan militer dengan AS. Namun inisiatif saat ini berada di tangan Presiden Milei.”

Pada bulan Januari, Milei memberi wewenang kepada militer AS untuk memasuki wilayah Argentina. Ini sangat berbeda dibandingkan dengan tiga tahun lalu, ketika patroli AS di Atlantik Selatan menyebabkan konflik dengan Presiden Argentina saat itu, Alberto Fernandez.

Menurut Michael Paarlberg, asisten profesor ilmu politik di Virginia Commonwealth University, keputusan tersebut merupakan cara yang disengaja bagi Milei untuk melepaskan diri dari para pesaingnya, pendahulunya Fernandez dan mantan Presiden Cristina Fernandez de Kirchner, yang mencapai beberapa perjanjian kerja sama militer dengan Tiongkok. .

“Kami melihat hubungan yang semakin erat antara AS dan Argentina di bawah pemerintahan baru Milei, lebih dekat dibandingkan di bawah pemerintahan Fernandez yang lebih skeptis terhadap AS,” kata Paarlberg kepada VOA Mandarin. “Kerja sama militer dengan AS adalah cara Milei memenuhi janjinya untuk membatalkan semua kebijakan pendahulunya.”

Namun para analis mengatakan bahwa tindakan Milei tidak mewakili perpecahan total antara Tiongkok dan Argentina, melainkan kepentingan untuk mendiversifikasi hubungan internasional Argentina, dengan penangkapan ikan di perairan teritorial Argentina memberikan negara tersebut sebuah alat tawar-menawar. Tiongkok tetap menjadi mitra dagang terbesar Argentina.

“Masih terlalu dini untuk membicarakan perombakan besar-besaran kebijakan luar negeri Argentina di bawah kepemimpinan Javier Milei, khususnya mengenai hubungannya dengan Amerika Serikat dan Tiongkok,” Fabricio Fonseca, asisten profesor diplomasi di Universitas Nasional Chengchi Taiwan, mengatakan kepada VOA Mandarin.

“Ada tren dan peristiwa geoekonomi lain yang perlu kita pertimbangkan sebelum memperkirakan perubahan permanen dalam hubungan Buenos Aires dengan Beijing.” rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA