Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Agresivitas China, Bongbong Marcos: Kami Tidak Takut dan Tidak akan Tunduk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Sabtu, 30 Maret 2024, 05:21 WIB
Hadapi Agresivitas China, Bongbong Marcos: Kami Tidak Takut dan Tidak akan Tunduk
Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos alias Bongbong Marcos.
rmol news logo Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr. telah mengumumkan langkah-langkah tegas untuk melindungi kedaulatan dan hak maritim negaranya sekaligus memastikan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik.

Marcos, yang dikenal nama Bongbong, mengatakan bahwa langkah-langkah tersebut, yang bertujuan untuk mengatasi apa yang disebutnya sebagai tindakan “terbuka, terus-menerus, dan ilegal” yang dilakukan oleh Penjaga Pantai dan milisi maritim Tiongkok, telah diambil setelah berkonsultasi dengan para pemimpin keamanan dan pertahanan nasional.

Dalam postingan di platform media sosial X, Presiden Filipina mengatakan, "Selama beberapa hari terakhir, saya telah bertemu dan berbicara dengan pimpinan Keamanan dan Pertahanan Nasional negara kita. Mereka telah memberikan rekomendasi yang telah dipertimbangkan, dan, melalui konsultasi yang mendalam. Saya telah memberikan arahan saya kepada mereka. Saya juga terus berkomunikasi dengan perwakilan sekutu, mitra, dan teman terkait di komunitas internasional."

“Mereka telah menawarkan bantuan kepada kami mengenai apa yang dibutuhkan Filipina untuk melindungi dan mengamankan Kedaulatan, hak kedaulatan, dan yurisdiksi kami sambil memastikan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Saya telah memberikan persyaratan kami kepada mereka dan kami yakin bahwa mereka akan memenuhinya. ditangani,” katanya dikutip dari DTNext.

Marcos mengumumkan bahwa dalam beberapa minggu mendatang, pemerintah Filipina akan menerapkan paket respons dan tindakan pencegahan yang komprehensif, yang diatur oleh lembaga dan instrumen nasional terkait.

Langkah-langkah tersebut dirancang agar proporsional, disengaja, dan masuk akal.

“Selama minggu-minggu berikutnya, akan ada, yang dilaksanakan oleh badan-badan dan lembaga-lembaga pemerintah nasional yang relevan, sebuah paket tanggapan dan tindakan penanggulangan yang proporsional, disengaja, dan masuk akal dalam menghadapi tindakan yang terbuka, tidak henti-hentinya, dan ilegal, koersif, agresif, dan tidak sah. serangan berbahaya yang dilakukan oleh agen Penjaga Pantai China dan Milisi Maritim China,” tambahnya.

Sambil menekankan keinginan untuk menghindari konflik, Presiden Marcos menegaskan bahwa Filipina tidak akan terintimidasi untuk diam atau tunduk.

“Kami tidak ingin berkonflik dengan negara mana pun, terlebih lagi dengan negara-negara yang mengaku dan mengaku sebagai teman kami, namun kami tidak akan takut untuk diam, atau tunduk,” katanya.

Pekan ini, Menteri Luar Negeri S. Jaishankar yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Filipina mengunjungi Presiden Marcos dan menyampaikan salam Perdana Menteri Narendra Modi.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin bertukar pandangan mengenai isu-isu global, regional, dan multilateral, termasuk Indo-Pasifik, ASEAN, Asia Barat, serta isu-isu global dan regional.

Ketegangan di Laut Cina Selatan meningkat setelah Departemen Luar Negeri Filipina, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Manila menyampaikan “protes keras terhadap tindakan agresif” yang dilakukan oleh Penjaga Pantai Tiongkok dan milisi maritim China terhadap misi Filipina di dekat Second Thomas Shoal di wilayah tersebut. Laut Cina Selatan.

Departemen tersebut mengatakan pihaknya juga telah menginstruksikan misinya di Beijing untuk mengajukan pengaduan resmi atas insiden tersebut. Tindakan ini dilakukan sehari setelah Penasihat Keamanan Nasional Filipina Eduardo Ano mengatakan konfrontasi yang melukai tiga tentara Filipina menyebabkan kerusakan parah pada kapal Unaizah 4 Mei. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA