Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Anwar Ibrahim, Jaishankar: Visi India-Malaysia untuk Agenda yang Lebih Ambisius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 29 Maret 2024, 06:45 WIB
Bertemu Anwar Ibrahim, Jaishankar: Visi India-Malaysia untuk Agenda yang Lebih Ambisius
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (kanan) menerijma Menlu India S. Jaishankar yang tengah melakukan perjalanan ke tiga negara di Asia Tenggara, yakni Filipina, Singapura, dan Malaysia./Devdiscourse
rmol news logo Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyampaikan dukungan dan apresiasi atas visi India memperkuat hubungan dengan negara-negara tetangga, termasuk Malaysia. Apresiasi ini disampaikan Anwar Ibrahim menjamu Menlu India S. Jaishankar.

Kepada Anwar Ibrahim, Menlu Jaishankar menjelaskan bahwa visi India-Malaysia akan menjadi katalisator untuk menyusun agenda yang lebih ambisius guna memajukan hubungan kedua negara. Dia juga mencatat banyak manfaat dari bimbingan dan wawasan Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengenai perkembangan regional selama interaksi mereka.

"Suatu kehormatan bisa menghubungi Perdana Menteri @anwaribrahim dari Malaysia. Menyampaikan salam hangat dari PM @narendramodi. Visinya untuk hubungan India-Malaysia yang lebih kuat, baik dalam bidang tradisional maupun zaman baru, akan membantu kita merancang agenda hubungan yang lebih ambisius. Mendapat manfaat dari bimbingan dan wawasannya tentang perkembangan regional,” tulis Jaishankar dalam postingannya di X.
 
Jaishankar tiba di Malaysia pada hari Rabu setelah menyelesaikan tur dua negaranya ke Singapura dan Filipina. Sebelum bertemu Anwar Ibrahim, dia lebih dahulu bertemu Menlu Malaysia, Mohamad Haji Hasan. Diskusi antara kedua pemimpin berkisar pada berbagai aspek kolaborasi, termasuk politik, ekonomi, pertahanan, digital, startup, konsuler, dan hubungan antar masyarakat.

Mereka juga bertukar pandangan mengenai dinamika regional, menyentuh isu-isu utama di Indo-Pasifik, Asia Barat, dan Ukraina.

"Senang bertemu dengan Menlu @tokmatn9 untuk memulai kunjungan saya ke Malaysia. Bertukar pandangan mengenai peningkatan kolaborasi di bidang politik, ekonomi, pertahanan, digital, startup, konsuler, dan hubungan p2p. Berbagi perspektif mengenai kawasan ini, Indo-Pasifik, Asia Barat, dan Ukraina. Saat kami hampir menyelesaikan satu dekade Peningkatan Kemitraan Strategis kami, kami berharap dapat lebih memperkuat keterlibatan kami,” kata Jaishankar dalam postingannya di X.

Kunjungan Jaishankar ke Singapura, Filipina, dan Malaysia berlangsung selama lima hari pada tanggal 23 sampai 27 Maret, fokus pada peningkatan hubungan bilateral dengan ketiga negara dan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam isu-isu regional yang menjadi perhatian bersama. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA