Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Astronot Jepang Bakal Mendarat di Bulan dalam Program Eksplorasi NASA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 18 Maret 2024, 11:18 WIB
Dua Astronot Jepang Bakal Mendarat di Bulan dalam Program Eksplorasi NASA
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jepang akan mengirimkan dua astronotnya ke bulan lewat program eksplorasi yang dipimpin NASA.

Program Artemis yang dipimpin AS tersebut bertujuan untuk mengirim manusia ke bulan untuk pertama kalinya sejak program Apollo pada 1960an dan 70an.

Program tersebut bertujuan mengirim astronot ke permukaan bulan pada September 2026, dan awak kapal Jepang diharapkan menjadi bagian dari pendaratan pada tahun 2028 atau setelahnya. Namun, tanggal target ini bisa saja berubah jika ada keterlambatan pengembangan pesawat ruang angkasa NASA dan faktor lainnya.

Pada Februari 2023, Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) memilih dua calon astronot baru, Makoto Suwa dan Ayu Yoneda, dengan tujuan untuk misi bulan berawak.

Nikkei melaporkan, kedua warga Jepang tersebut saat ini sedang menjalani pelatihan di AS, dan diperkirakan akan mendapatkan sertifikasi resmi sebagai astronot pada bulan November.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden AS Joe Biden siap untuk mengonfirmasi kerja sama kedua negara di bidang luar angkasa ketika mereka bertemu pada 10 April mendatang.

Pada saat itu, Administrator NASA Bill Nelson dan Masahito Moriyama, menteri sains dan teknologi Jepang, diperkirakan akan menandatangani perjanjian tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA