Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Detik Meluncur, Roket Ruang Angkasa Jepang Meledak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 13 Maret 2024, 14:09 WIB
Lima Detik Meluncur, Roket Ruang Angkasa Jepang Meledak
Asap mengepul setelah roket Space One meledak saat lepas landas di wilayah pesisir Wakayama, Jepang barat pada Rabu, 13 Maret 2024/Net
rmol news logo Sebuah roket ruang angkasa yang dibuat oleh perusahaan Jepang Space One meledak beberapa detik setelah peluncuran pada Rabu (13/3).

Roket bernama Kairos Space One sepanjang 18 meter dan membawa satelit uji kecil milik pemerintah itu diluncurkan di wilayah pesisir Wakayama, Jepang barat.

Namun, sekitar lima detik kemudian, roket berbahan bakar padat itu meledak dan mengepulkan asap putih di sekitar daerah pegunungan terpencil sementara api oranye berkobar di tanah.

"Peluncuran roket Kairos pertama telah dilaksanakan, namun kami mengambil tindakan untuk membatalkan penerbangan tersebut," ungkap Space One dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat AFP.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, tampak puing-puing yang terbakar berjatuhan ke lereng sekitar saat alat penyiram pemadam kebakaran mulai menyemprotkan air.

Kegagalan besar ini menandai pukulan terhadap upaya Jepang untuk memasuki pasar peluncuran satelit yang berpotensi menguntungkan.

Space One berharap menjadi perusahaan swasta pertama yang menempatkan satelit ke orbit, dan Kairos berencana melakukannya sekitar 51 menit setelah lepas landas.

Kekurangan suku cadang dan masalah lainnya telah menyebabkan Space One menunda peluncuran Kairos sebanyak lima kali, sebelum akhirnya diluncurkan hari ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA