Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satelit Mata-mata Korsel Sukses Kirim Foto Pyongyang dengan Jelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 Maret 2024, 13:45 WIB
Satelit Mata-mata Korsel Sukses Kirim Foto Pyongyang dengan Jelas
Peluncuran satelit mata-mata Korea Selatan pada 2 Desember 2023/Net
rmol news logo Korea Selatan kembali mencapai tonggak sejarah baru. Satelit mata-mata militer pertamanya dilaporkan telah berhasil mengirim foto ibukota Korea Utara, Pyongyang, dengan jelas.

Korea Selatan meluncurkan satelit mata-mata perdananya pada 2 Desember 2023. Satelit itu ditempatkan di orbit setelah diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California.

Mengutip sumber militer, The Defence Blog mengungkap satelit elektro-optik dan inframerah (EO/IR) itu sudah mulai mentransmisikan citra satelit dari berbagai wilayah di Korea Utara, termasuk Pyongyang sebagai bagian dari uji transmisi awal.

Sumber mengungkap foto-foto yang diambil dari satelit memiliki resolusi yang cukup baik dengan visibilitas yang jelas untuk wilayah pusat Pyongyang. Bahkan kapal-kapal di pelabuhan ikut tertangkap citra.

Kendati begitu, rincian mengenai foto-foto Pyongyang yang ditangkap citra satelit Korea Selatan tidak diungkap ke publik. Pyongyang sendiri merupakan tuan rumah dari berbagai fasilitas penting pemerintahan Korea Utara, termasuk Markas Besar Partai Pekerja Korea (WPK) yang merupakan kantor Kim Jong Un.

Diperkirakan foto-foto dengan resolusi yang lebih tinggi bisa dihasilkan dari satelit tersebut mulai bulan depan. Satelit ini diproyeksikan akan bertransisi ke fase misi pengintaian penuh pada bulan Juni atau Juli.

Setelah mencapai tahap operasionalnya, satelit buatan dalam negeri ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan Korea Selatan pada citra satelit Amerika Serikat (AS) untuk informasi intelijen mengenai Korea Utara, sehingga memperkuat otonomi Seoul dalam memantau aktivitas di seluruh Semenanjung Korea. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA