Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trump Didiskualifikasi dari Pemilu Pendahuluan di Illinois

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 Februari 2024, 13:19 WIB
Trump Didiskualifikasi dari Pemilu Pendahuluan di Illinois
Mantan Presiden AS, Donald Trump/Net
rmol news logo Langkah Donald Trump untuk memenangkan pemilu pendahuluan Partai Republik Amerika Serikat di Illinois kemungkinan akan terhambat.

Pasalnya, seorang hakim Hakim Wilayah Cook County Illinois, Tracie Porter pada Rabu (28/2) melarang Trump berpartisipasi dalam pemilu karena kasus pemberontakan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021.

Porter, menunda keputusan tersebut dan memberi waktu kepada Trump hingga Jumat (30/2) untuk mengajukan banding.

Larangan pemilu Trump di Illinois merujuk pada ketentuan yang tertulis dalam Amandemen ke-14, atau yang dikenal sebagai klausa pemberontakan.

"Ini adalah keputusan yang tidak konstitusional. Kami akan segera mengajukan banding," kata juru bicara Trump, Steven Cheung, dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Al-Jazeera.

Sebelum Illinois, Colorado menjadi negara bagian pertama yang melarang Trump mengikuti pemungutan suara pada Desember, diikuti oleh Maine.

Mahkamah Agung Colorado pada 19 Desember menyatakan Trump tidak memenuhi syarat untuk kembali ke Gedung Putih. Ini adalah pertama kalinya pengadilan menggunakan klausa pemberontakan Konstitusi AS untuk menonaktifkan seorang mantan presiden.

Pemilihan pendahuluan di Illinois akan digelar pada 19 Maret mendatang. Sejauh ini Trump memenangkan seluruh pemilihan pendahuluan atas pesaingnya, Nikki Haley untuk memperebutkan tiket dari Partai Republi.

Jika lolos, Trump kemungkinan besar akan menghadapi petahana, Presiden AS Joe Biden di pemilu 5 November mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA