Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Selamatkan Awak Pakistan dan Iran dari Bajak Laut Somalia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 05 Februari 2024, 13:34 WIB
India Selamatkan Awak Pakistan dan Iran dari Bajak Laut Somalia
Para pembajak ditangkap oleh Angkatan Laut India di lepas pantai Timur Somalia/Net
rmol news logo Angkatan Laut India berhasil melakukan operasi penyelamatan terhadap awak kapal asal Pakistan dan Iran yang sempat diserang oleh bajak laut Somalia.

Mengutip ANI News pada Senin (5/2), Angkatan Laut India bukan hanya berhasil menyelamatkan para awak melainkan juga menangkap seluruh pembajak.

Seorang kru kapal menjelaskan bagaimana para perompak itu membuang senjata mereka setelah Angkatan Laut India datang menghampiri mereka.

"Bajak laut Somalia takut melihat Angkatan Laut India," kata dia.

Video yang dibagikan Angkatan Laut India di platform media sosial X memperlihatkan bajak laut yang dilucuti.

Dalam video tersebut, salah satu awak kapal asal Pakistan dan Iran yang diselamatkan mengatakan, "Kami ditahan oleh bajak laut Somalia".

Kru Pakistan dan Iran yang diselamatkan berkata, "Terima kasih Angkatan Laut India karena telah menyelamatkan nyawa kami".

Pada Senin (29/1), kapal perang Angkatan Laut India INS Sumitra menggagalkan upaya pembajakan terhadap kapal penangkap ikan berbendera Iran, Al Naeemi yang berlayar di lepas Pantai Timur Somalia.

Sebanyak 19 awak telah diselamatkan dalam operasi tersebut.

Jurubicara Angkatan Laut India menyatakan bahwa Angkatan Laut India tetap berkomitmen terhadap keamanan maritim di kawasan Samudera Hindia.
 
"Misi kapal perang Angkatan Laut India yang dikerahkan di #IOR memastikan keamanan terhadap semua #maritim ancaman, menjaga laut kita aman bagi pelaut dari semua negara," tulis jubir dalam postingan di X. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA