Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tarian Odissi Meriahkan Resepsi Peringatan Hubungan Diplomatik India-Indonesia ke-75

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 27 Januari 2024, 07:27 WIB
Tarian Odissi Meriahkan Resepsi Peringatan Hubungan Diplomatik India-Indonesia ke-75
Tarian Odissi ditampilkan dalam resepsi peringatan hubungan diplomatik India dan Indonesia yang ke-75 di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan Jakarta pada Jumat Malam, 26 Januari 2024/RMOL
rmol news logo Hubungan diplomatik Indonesia dan India memasuki usia ke-75. Untuk memperingatinya, Kedutaan Besar India di Jakarta menggelar resepsi perayaan hubungan diplomatik bilateral di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta pada Jumat malam (26/1).

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, terdapat lebih dari 500 tamu yang hadir di acara tersebut.

Mereka adalah para duta besar negara sahabat yang ada di jakarta, pejabat pemerintah Indonesia, pengusaha, dan diaspora India di Jakarta serta awak media.

Acara dibuka pukul 19.30 WIB oleh Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste, Sandeep Chakravorty.

Dalam sambutannya, Dubes menyambut para tamu dan menekankan bahwa hubungan antara Indonesia dan India akan terus menguat dari waktu ke waktu.

"Baik India maupun Indonesia akan memperoleh keuntungan dengan memperkuat dan mendukung kemampuan satu sama lain untuk mewujudkan kemitraan yang saling menguntungkan," ujar Dubes.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, hadir sebagai tamu utama, mewakili pemerintah Indonesia untuk memberikan sambutan.

Dia juga menyoroti pentingnya hubungan bilateral antara India dan Indonesia yang telah terjalin selama 75 tahun terakhir.

"Saya berharap, kita dapat terus meningkatkan semua aspek kemitraan untuk mencapai hubungan yang lebih erat di antara dua negara," kata Dito.

Acara resepsi semakin meriah dengan pertunjukan tari klasik “Odissi” oleh “Gunjan Dance Academy” dari India.

Ratusan tamu terpukau melihat penampilan yang dibawakan oleh lima penari perempuan yang mengenakan baju tradisional serta aksesoris pendukung seperti gelang kaki dan pinggang yang gemericik bunyinya.

Diiringi oleh alunan lagu khas India, para tamu undangan dibuat terhanyut dengan tarian dan cerita yang dibawakan sang penari Odissi.

Salah seorang tamu diaspora India, Saraswati, mengaku tidak bisa berpaling dari keindahan penampilan tarian Odissi.

Dia menjelaskan bahwa tarian ini berasal dari kota Odisha, India Barat, dan menceritakan tentang sosok sang Dewi yang mampu melawan segala bentuk kejahatan di dunia.

"Ini merupakan salah satu dari tarian tradisional India yang terkenal, para penari sukses membawa tarian Odissi di acara ini," ungkapnya kepada RMOL.

Berdasarkan laporan Kedubes India, tarian Odissi akan ditampilkan di lima kota di Indonesia.

Denpasar Bali, Surabaya, dan Purwakarta, menjadi destinasi pertama dan tarian telah ditampilkan sejak Selasa (23/1) hingga Kamis (25/1).

Kemudian, Odissi hadir dalam resepsi peringatan hubungan diplomatik di Jakarta pada Jumat (26/1) hingga Sabtu (27/1). Sementara kota terakhir yang akan dituju untuk pertunjukkan Odissi adalah Batam pada Minggu mendatang (28/1).

Para tamu undangan dipersilakan mencicipi makanan khas India dan jajanan menikmati pilihan masakan India yang menggambarkan keragaman kuliner India. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA