Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu RI Ungkap Alasan Retno dan Delegasi OKI Walk Out di Forum DK PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 25 Januari 2024, 12:27 WIB
Kemlu RI Ungkap Alasan Retno dan Delegasi OKI Walk Out di Forum DK PBB
Juru Bicara Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal/RMOL
rmol news logo Alasan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan sejumlah delegasi Organisasi Kerjasama Islam (OKI) keluar dari forum Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB di New York, diungkapkan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Dalam sebuah keterangan pada Kamis (25/19), Jurubicara (jubir) Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal membenarkan video tentang aksi walk out Menlu Retno dan beberapa diplomat OKI pada saat Duta Besar Israel Gilad Erdan menyampaikan pernyataannya.

"Delegasi Indonesia dan sejumlah negara OKI juga tidak berada di ruangan saat Wakil Tetap Israel menyampaikan pernyataan," ujarnya.

Kendati demikian, menurut jubir tindakan itu dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan sebagai respon balik karena Dubes Israel juga tidak ada di ruangan saat Menlu Retno dan para delegasi OKI menyampaikan pidatonya di hadapan forum DK PBB.

"Wakil tetap Israel tidak berada di ruangan saat Indonesia dan sejumlah negara OKI menyampaikan pernyataan," ungkap Iqbal.

Melalui tayangan video yang dirilis TRT World di platform media sosial X, tampak Menlu Retno berjalan mengikuti sejumlah diplomat menuju pintu keluar ketika Dubes Israel berbicara.

Aksi walk out para diplomat OKI  terjadi di tengah meningkatnya kecaman global terhadap Israel atas pembantaian terhadap warga Palestina yang saat ini korbannya bertambah menjadi 25.700 orang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA