Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kargo Jepang Ikut Terdampak Serangan Houthi di Laut Merah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 18 Januari 2024, 12:59 WIB
Kargo Jepang Ikut Terdampak Serangan Houthi di Laut Merah
llustrasi/Net
rmol news logo Serangan kelompok militan Houthi di Lepas Pantai Yaman tidak hanya berdampak pada kapal-kapal komersial Barat, melainkan juga muatan kargo yang dimiliki perusahaan Jepang.

Mengutip Reuters pada Kamis (18/1), laporan serangan Houthi dilaporkan telah mengenai beberapa kargo milik perusahaan dagang terkenal Jepang, Sumitomo Corp, yang berlayar di Laut Merah.

Sebagai salah satu entitas perdagangan utama Jepang, gangguan terhadap operasi Sumitomo dapat berdampak buruk terhadap arus perdagangan global.

Kelompok Houthi telah meningkatkan serangannya terhadap kapal-kapal di Laut Merah, sehingga menyebabkan gangguan signifikan pada lalu lintas maritim.

Serangan-serangan ini telah memaksa berbagai perusahaan untuk menghentikan operasi pengiriman mereka atau mengubah rute kargo mereka untuk menghindari zona konflik.

Awalnya Houthi berjanji untuk menyerang kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel, sebagai respon terhadap perang berkelanjutan di Jalur Gaza.

Namun belakangan Houthi dilaporkan tidak sengaja menyerang beberapa kapal dari negara lain, seperti Rusia dan Jepang baru-baru ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA