Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Perbatasan, Indonesia-Filipina Siap Patroli Bersama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 11 Januari 2024, 09:53 WIB
Perkuat Perbatasan, Indonesia-Filipina Siap Patroli Bersama
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. melakukan pertemuan di Istana Malacanang, Manila pada Rabu, 10 Januari 2024/Repro
rmol news logo Indonesia dan Filipina sepakat untuk memperkuat kerja sama di perbatasan, termasuk mendorong penyelesaian batas landas kontinen antara kedua negara.

Kesepakatan tersebut dicapai selama pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Malacanang pada Rabu (10/1).

Kunjungan Jokowi ke Filipina bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Diungkap oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Jokowi dan Marcos membahas sejumlah isu bilateral dan kawasan. Salah satunya terkait dengan perbatasan.

"Bapak Presiden (Jokowi) dan Presiden Marcos Jr. sepakat untuk memperkuat kerja sama perbatasan, termasuk melalui patroli bersama," kata Retno dalam pernyataan yang dikutip redaksi.

Selama pertemuan tersebut, Retno mengatakan, Jokowi menyampaikan pentingnya percepatan revisi Border Patrol Agreement dan Border Crossing Agreement untuk mengatasi tantangan yang ada.

"(Keduanya) kemudian mendorong penyelesaian batas landas kontinen antar kedua negara serta penguatan kerja sama pertahanan termasuk pengadaan alutsista," pungkas Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA