Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netanyahu Berambisi Kuasai Perbatasan Gaza dengan Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 01 Januari 2024, 03:14 WIB
Netanyahu Berambisi Kuasai Perbatasan Gaza dengan Mesir
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu/Net
rmol news logo Di tengah perang yang berkecamuk, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan ambisinya untuk mengambil kendali atas perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir.

Menurut Netanyahu, perang kini sudah sampai pada puncaknya dan untuk menekan konflik baru, zona penyangga koridor Philadelphi yang membentang di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir harus berada di tangan Israel.

"Itu harus ditutup. Jelas bahwa pengaturan lain apa pun tidak akan menjamin demiliterisasi yang kita inginkan," kata Netanyahu dikutip Minggu (31/12).

Meski tidak memberikan rincian lebih lanjut, penguasaan Israel di perbatasan Gaza-Mesir berarti menempatkan wilayah itu kembali di bawah kekuasaan Tel Aviv setelah sebelumnya dikuasai Hamas.

Pernyataan Netanyahu disampaikan ketika pasukan militer Israel terus melancarkan serangan membabi buta di Jalur Gaza yang kini dilaporkan telah memakan 21.672 korban jiwa dari pihak Palestina.

Warga dan petugas medis mengatakan pertempuran pada Sabtu (30/12) terfokus di wilayah al-Bureij, Nuseirat, Maghazi dan Khan Younis di Gaza tengah dan selatan.

Hamas melaporkan bahwa seorang anggota seniornya bernama Abdel-Fattah Maali telah tewas dalam serangan tersebut.

Sementara itu, Israel mengaku telah kehilangan 172 personel militernya dalam perang tiga bulan terakhir. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA