Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejarah Baru, China Tunjuk Menteri Pertahanan dari Angkatan Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Desember 2023, 07:39 WIB
Sejarah Baru, China Tunjuk Menteri Pertahanan dari Angkatan Laut
Ilustrasi/Net
rmol news logo Teka-teki tentang siapa pengganti Li Shangfu sebagai Menteri Pertahanan China berikutnya akhirnya terjawab setelah pemerintah menunjuk veteran Angkatan Laut Dong Jun menduduki kursi yang kosong selama beberapa bulan.

Penunjukan Dong, yang diumumkan legislator utama China pada Jumat (29/12), mengakhiri spekulasi berminggu-minggu setelah pendahulunya digulingkan pada Oktober, tanpa penjelasan.

Ini menjadi sejarah baru China, sebab Dong menjadi menteri pertahanan pertama yang berlatar belakang angkatan laut.

Penunjukkan Dong terjadi ketika militer China diguncang serangkaian pembersihan personel yang tidak dapat dijelaskan pada tahun ini.  

Misalnya, dua pemimpin puncak dari Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLARF) yang tiba-tiba dicopot pada musim panas tahun ini, yang sebelumnya juga telah dipilih sebagai menteri pertahanan negara tersebut.

Kemudian, tiga eksekutif senior di pemasok pertahanan China yang memproduksi rudal diasingkan dari badan penasihat utama Partai Komunis pada minggu ini, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.  

Pembersihan berlanjut pada Jumat, ketika Tiongkok memecat sembilan deputi militer dari badan legislatif, termasuk mantan Komandan Angkatan Udara Ding Laihang, yang merupakan pertama kalinya bidang militer terlibat dalam perombakan tersebut.

"Promosi Dong menunjukkan bahwa pembersihan sedang berlangsung di pasukan roket, serta departemen pengadaan militer yang dulu dijalankan oleh Li, dan sedang diselidiki," kata Wen-Ti Sung, peneliti non-residen di Global China Hub di Dewan Atlantik, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (30/12).

"Hal ini juga merupakan tanda Tiongkok menetapkan Laut China Selatan sebagai wilayah prioritas baru dalam kontestasi geopolitik antara Tiongkok dan AS,” tambahnya.

Menurut Bloomberg, penunjukan Dong akan membantu memuluskan jalan bagi dimulainya kembali perundingan militer tingkat tinggi antara Beijing dan Washington, yang sempat terhenti setelah Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan saat masih menjabat Ketua DPR AS pada tahun 2022.

Seorang pejabat senior militer AS, yang memberi pengarahan kepada wartawan tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan pembicaraan semacam itu akan dilanjutkan pada bulan Januari.

Dong memiliki pengalaman luas di angkatan laut China, yang telah memproyeksikan kekuatannya di Laut China Selatan dan Selat Taiwan tahun ini, sehingga menuai kritik dari AS. Dia juga pernah bekerja di Selat Taiwan, salah satu titik konflik terbesar dalam hubungan rapuh Beijing dengan Washington.

Dong ditunjuk sebagai panglima angkatan laut terbesar di dunia berdasarkan jumlah kapal pada tahun 2021, peran yang sekarang ditempati oleh Jenderal Hu Zhongming.

Sebelumnya Dong juga pernah menjabat sebagai wakil komandan Komando Militer Selatan, yang mengurus Laut China Selatan, tempat Beijing mempunyai sengketa wilayah dengan negara-negara tetangga termasuk Filipina dan Vietnam.

Menhan baru juga merupakan wakil komandan angkatan laut Komando Militer Timur. Armada tersebut bertanggung jawab atas Laut China Timur, termasuk Taiwan yang diklaim Beijing sebagai miliknya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA