Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gantikan Armada Usang, Korsel akan Beli Helikopter Maritim dari Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 29 Desember 2023, 14:07 WIB
Gantikan Armada Usang, Korsel akan Beli Helikopter Maritim dari Luar Negeri
Helikopter operasi maritim Lynx lepas landas dari kapal perusak ROKS Sejong the Great yang berlayar di perairan Busan, 320 kilometer tenggara Seoul/Net
rmol news logo Rencana Korea Selatan membeli helikopter maritim baru dari luar negeri telah mendapat persetujuan dari otoritas pertahanan negara pada Jumat (29/12).

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) mengatakan, Komite Promosi Proyek Pertahanan mendukung rencana strategis dasar untuk proyek senilai 2,87 triliun won (2,23 miliar dolar AS) dari tahun 2025 hingga 2032 untuk menggantikan helikopter Lynx yang sudah tua.

Menurut DAPA, helikopter baru ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kapal anti-kapal selam dan anti-permukaan Angkatan Laut. Ini juga akan berfungsi untuk menanggapi ancaman yang ditimbulkan oleh rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam Korea Utara.

"MH-60R milik perusahaan kedirgantaraan AS Lockheed Martin dan NH90 milik NHIndustries yang berbasis di Prancis adalah kandidat untuk proyek tersebut," kata seorang pejabat pertahanan, seperti dimuat Yonhap.

Komite tersebut juga mendukung rencana strategis dasar untuk pengembangan rudal udara-ke-udara jarak pendek yang akan dipasang pada jet tempur KF-21 buatan negara yang sedang dikembangkan.

Proyek senilai 591,9 miliar won ini akan berjalan mulai tahun 2025 hingga 2035, dalam upaya mengembangkan rudal buatan dalam negeri yang canggih untuk KF-21 yang dijadwalkan mulai dikirim ke Angkatan Udara pada tahun 2026.

Mereka juga menyetujui rencana dasar senilai 740 miliar won untuk membeli helikopter komando baru dari luar negeri mulai tahun 2025 hingga 2030 dan rencana pengembangan dasar senilai 890 miliar won untuk meningkatkan kemampuan helikopter operasi khusus militer UH-60 dan HH-60 mulai tahun depan hingga 2030. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA