Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanyol Menolak Ikut Pasukan Gabungan AS Lawan Houthi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 25 Desember 2023, 15:11 WIB
Spanyol Menolak Ikut Pasukan Gabungan AS Lawan Houthi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Spanyol akan absen dalam upaya internasional yang digagas Amerika Serikat untuk melindungi pelayaran Laut Merah dari serangan pemberontak Houthi di Yaman.

Jurubicara Kementerian Pertahanan Spanyol pada Minggu (24/12), mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengirimkan personel untuk membantu pasukan gabungan membendung tekanan Houthi.  

"Spanyol tidak akan berpartisipasi," ungkap Jubir, seperti dimuat AFP.

Meski tidak memberikan alasan yang jelas, tetapi media lokal Spanyol mengatakan bahwa keputusan itu diambil atas dasar kepentingan politik dalam negeri.

Kelompok Houthi menyambut baik sikap Spanyol. Wakil Menteri Luar Negeri Palestina, Hussein al-Ezzi juga menyampaikan apresiasinya.

“Kami sangat menghargai penolakan Spanyol untuk terlibat dalam kebohongan Amerika dan Inggris mengenai masalah navigasi maritim," ujarnya.

Jurubicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder pekan lalu menjelaskan bahwa pasukan koalisi dibentuk untuk menjalankan serangkaian patroli di Laut Merah dan Teluk Aden guna menjaga kapal-kapal komersil yang melintas dari gangguan Houthi.

Ryder mengklaim bahwa sejauh ini telah ada lebih dari 20 negara yang bergabung dalam koalisi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA