Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Labuhkan Kapal Perang INS Kadmatt di Manila

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 17 Desember 2023, 10:30 WIB
India Labuhkan Kapal Perang INS Kadmatt di Manila
Kunjungan kapal perang India INS Kadmatt di Manila, Filipina pada Senin, 11 Desember 2023/Net
rmol news logo Dalam upaya untuk meningkatkan kerja sama maritim antara India dan Filipina, kapal perang India INS Kadmatt berlabuh di pelabuhan Manila, Filipina awal pekan ini.

Mengutip ANI News pada Minggu (17/12), kunjungan INS Kadmatt merupakan bagian dari Pengerahan Operasi Jarak Jauh untuk latihan bersama personel kedua negara.

"Latihan ini melibatkan interaksi profesional, pertukaran ahli di bidangnya, dan kunjungan lintas-dek yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan bertukar praktik terbaik," ungkap laporan tersebut.

Duta Besar India untuk Filipina, Shambhu Kumaran pada Rabu (13/12), menyebut gelaran latihan kemitraan maritim (MPX) angkatan laut India dan Filipina dilakukan di Laut Filipina Barat atau Laut China Selatan.

Dia mengatakan, latihan dilaksanakan untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

"Filipina terletak di pusat Indo-Pasifik dan kami adalah mitra yang sangat dekat, sesama negara demokrasi. Kami memiliki kepentingan bersama dalam perdamaian dan stabilitas di kawasan ini," ujarnya.

Dubes juga mendukung upaya Filipina untuk mendorong kepatuhan terhadap tatanan berbasis aturan dan menghormati hukum internasional di tengah perkembangan terkini di Laut Cina Selatan.

Di tengah perselisihan antara kapal penjaga pantai baru-baru ini, Filipina mengajukan protes diplomatik baru kepada China dan memanggil Dubes mereka di Manila.

Filipina melaporkan bahwa kapal-kapalnya terkena tembakan meriam air dari kapal China ketika mereka mencoba mengirim pasokan kepada nelayan di Scarborough Shoal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA