Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

FDA Sita 1,4 Juta Vape Illegal Senilai Ratusan Miliar dari China di Bandara Los Angeles

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 16 Desember 2023, 13:52 WIB
FDA Sita 1,4 Juta Vape Illegal Senilai Ratusan Miliar dari China di Bandara Los Angeles
Rokok elektrik/Net
rmol news logo Sebanyak 1,4 juta produk vaping ilegal dengan nilai lebih dari 18 juta dolar (Rp279 miliar) telah disita oleh agen federal di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Dalam operasi selama tiga hari yang dipimpin oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), 41 pengiriman rokok elektrik, termasuk merek populer seperti Elf Bar yang telah dilarang oleh FDA, berhasil diamankan oleh petugas.

Produk ilegal itu diketahui hasil penyelundupan dari Beijing, dan akan segera dimusnahkan oleh badan FDA.

"Produk vaping yang disita akan dimusnahkan sesuai prosedur," kata FDA, seperti dikutip Medical Express, Sabtu (16/12).

Dalam pernyataannya, lembaga itu mengungkapkan bahwa banyak produk vape ilegal yang disamarkan dengan sengaja sebagai barang-barang lain, seperti mainan, sepatu, atau barang rumah tangga, dalam upaya mengelabui pemeriksaan bea cukai.

“FDA berkomitmen untuk terus membendung aliran rokok elektrik ilegal ke Amerika Serikat. FDA akan tetap waspada, dan bersama dengan mitra-mitra federal kami, menghentikan impor ini sebelum produk-produk tersebut sampai ke tangan generasi muda negara kami,” kata Komisaris FDA Dr. Robert Califf dalam rilis berita FDA.

Survei federal mencatat bahwa sekitar 2,1 juta anak di AS masih menggunakan rokok elektrik, dengan sembilan dari 10 anak melaporkan menggunakan produk vape beraroma, seperti Elf Bar.

Sementara pada Mei, FDA sendiri telah memasukkan perusahaan dengan merek Elf Bar ke dalam "daftar merah" peringatan impor, memberikan kewenangan untuk menahan produk tanpa pemeriksaan penuh.

Atas kasus tersebut, Direktur Pusat Produk Tembakau FDA,  Brian King, menegaskan komitmen pemerintah untuk menindak tegas para penyelundup rokok elektrik ilegal, terutama yang ditujukan kepada generasi muda.

“Mereka yang tanpa malu-malu mencoba menyelundupkan rokok elektrik ilegal, khususnya yang menarik bagi generasi muda, ke negara ini harus memperhatikan pengumuman hari ini,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA