Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Vietnam, Xi Jinping Ingin Geser Pengaruh Amerika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 12 Desember 2023, 17:59 WIB
Ke Vietnam, Xi Jinping Ingin Geser Pengaruh Amerika
Presiden China Xi Jinping tiba di bandara Hanoi, Vietnam pada 12 Desember 2023/Net
rmol news logo Kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Vietnam diyakini sebagai upaya untuk melawan pengaruh Amerika Serikat (AS) yang semakin besar di Hanoi.

Xi tiba di bandara Hanoi pada Selasa (12/12). Ini menjadi kunjungan pertamanya ke Vietnam dalam enam tahun. Kunjungan ini hanya berselang beberapa bulan setelah Presiden AS Joe Biden berkunjung pada September.

Xi dijadwalkan untuk bertemu dengan pemimpin Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam, Nguyen Phu Trong pada Selasa malam.

Kemudian pada Rabu (13/12), Xi akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dan Presiden Vo Van Thuong, serta meletakkan karangan bunga di mausoleum pemimpin revolusioner Ho Chi Minh.

Dalam pernyataannya, Xi mengatakan akan membahas berbagai isu seputar hubungan bilateral serta isu kawasan dan internasional. Xi juga menyoroti upaya untuk membawa hubungan China dan Vietnam ke "tahap baru".

Hal tersebut juga turut disampaikan oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

"Kunjungan akan melibatkan diskusi mengenai membawa hubungan China-Vietnam ke posisi yang lebih tinggi," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Wang mengatakan agenda kunjungan Xi mencakup politik, keamanan, kerja sama praktis, pembentukan opini publik, masalah multilateral dan masalah maritim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA