Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Potret Tentara Israel Telanjangi Tahanan Palestina, Viral di Media Sosial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 09 Desember 2023, 14:45 WIB
Potret Tentara Israel Telanjangi Tahanan Palestina, Viral di Media Sosial
Warga Palestina yang ditangkap dan ditahan duduk di sebuah jalan di Beit Lahia, Jalur Gaza utara, ketika tentara Israel berjaga/Net
rmol news logo Kutukan dan kecaman kembali dilayangkan kepada Israel setelah gambar-gambar pria Palestina yang ditahan oleh tentara mereka (IDF) beredar di media sosial.

Unggahan foto tersebut viral pada Jumat (8/12), lantaran menunjukkan para tahanan pria yang diperlakukan tidak manusiawi dan dalam keadaan tanpa baju.

Para pejabat Palestina, Arab, dan masyarakat Muslim, mengutuk kekejian IDF. Pejabat senior kelompok Islam Hamas Palestina, Izzat El-Reshiq, bahkan menuduh Israel telah sengaja melakukan kejahatan keji terhadap warga sipil yang tidak bersalah.

"Para tahanan ditangkap di sebuah sekolah di Gaza yang digunakan sebagai tempat perlindungan setelah berminggu-minggu pemboman Israel yang telah membuat banyak warga Gaza mengungsi," ungkapnya, seperti dimuat Reuters.

Reshiq, yang saat ini berada di pengasingan di luar negeri, mendesak organisasi hak asasi manusia internasional untuk turun tangan guna menunjukkan apa yang terjadi pada orang-orang tersebut dan membantu menjamin pembebasan mereka.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengatakan pihaknya prihatin dengan gambar-gambar tersebut dan menekankan bahwa semua tahanan harus diperlakukan dengan manusiawi dan bermartabat sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional.

"Kami sangat menekankan pentingnya memperlakukan semua orang yang ditahan secara manusiawi dan bermartabat, sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional,” kata Penasihat Hubungan Media ICRC untuk Timur Tengah, Jessica Moussan.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, juga ikut melayangkan kritik. Dia menuduh Israel sangat barbar dalam memperlakukan tawanan dan warga negara yang tidak bersalah.

Pada Kamis (7/12), TV Israel  menayangkan rekaman yang menunjukkan para pejuang Hamas yang ditangkap, ditelanjangi hingga hanya mengenakan pakaian dalam dan kepala tertunduk, duduk di jalan kota Gaza.

Kemudian sebuah foto menunjukkan lebih dari 20 tahanan laki-laki berlutut di trotoar atau di jalan, dengan tentara Israel mengawasi di dekatnya dan puluhan sepatu dan sandal ditinggalkan di jalan.

Sejumlah tahanan yang sama, juga dalam keadaan setengah telanjang, dijejali di bagian belakang truk di dekatnya.

Beberapa warga Palestina mengatakan mereka mengenali kerabat mereka dalam gambar tersebut dan menyangkal bahwa mereka memiliki hubungan dengan Hamas atau kelompok lain.

Outlet berita berbahasa Arab yang berbasis di London, Al-Araby Al-Jadeed, mengatakan salah satu pria yang ditahan adalah korespondennya Diaa Kahlout.

Beberapa warga Palestina mengidentifikasi tempat di mana orang-orang tersebut ditangkap. Diketahui bahwa lokasi penelanjangan terjadi di kota Beit Lahia di timur laut, sebuah wilayah yang telah diperingatkan Israel untuk ditinggalkan oleh warga sipil dan telah dikepung serta dikepung oleh tank-tank Israel selama berminggu-minggu.

Hani Almadhoun, seorang warga Amerika keturunan Palestina yang tinggal di Virginia, mengatakan dia melihat kerabatnya dalam satu gambar termasuk keponakannya yang berusia 12 tahun.

Dalam laporannya, Almadhoun menekankan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan Hamas ataupun faksi lain. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA