Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkenalkan Bahan Pangan Alternatif, Misi India untuk ASEAN Gelar Millet Festival di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 22 November 2023, 12:33 WIB
rmol news logo Untuk memperkenalkan bahan pangan pokok alternatif selain nasi, Misi India untuk ASEAN bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional RI, menggelar Millet Festival 2023 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta pada Rabu (22/11).

Millet atau dalam bahasa Indonesia disebut "milet" merupakan salah satu jenis biji-bijian dengan bulir kecil dan bisa digunakan sebagai bahan makanan pokok. Milet banyak dibudidayakan di negara-negara Asia Timur dan juga Asia Selatan, khususnya India.

Atas pengajuan pemerintah India, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa Bangsa (FAO) akhirnya menetapkan tahun 2023 sebagai Tahun Milet Internasional.

Duta Besar Misi India untuk ASEAN Jayant N. Kobragade menjelaskan bahwa Millet Festival 2023 bertujuan untuk mengenalkan milet sebagai jenis bahan pokok yang mampu mendukung ketahanan pangan global.

Sebab, kata Dubes Kobragade, milet merupakan tanaman kaya gizi yang tahan terhadap berbagai tekanan abiotik akibat perubahan iklim.

"Milet merupakan salah satu elemen penting untuk menjamin ketahanan pangan. Kami ingin anda tahu, melihat bagaimana industri petani dan industri India serta  ASEAN dapat berkolaborasi mendorong ketahanan pangan dengan menanam milet," ujarnya setelah membuka acara.

Millet Festival 2023 diisi dengan berbagai acara yakni pameran produk milet yang dihadiri oleh puluhan UMKM baik dari India maupun negara-negara ASEAN. Pameran berlangsung di lantai dasar Mall Kota Kasablanka hingga 26 November mendatang.

Festival dibuka secara resmi oleh Dubes Kobragade, Duta Besar India untuk Indonesia Shri Sandeep Chakravorty, Wakil Bidang Diversifikasi Pangan dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional (3PN) Andriko Noto Susanto, Sekretaris Departemen Pertanian dan Kesejahteraan Petani (DA&FW) India Maninder Kaur Dwivedi dan Direktur Diversifikasi Pangan Badan Pangan Nasional Indonesia Rinna Syawal.

Mereka secara bersamaan memotong pita berwarna merah dan membunyikan gong sebagai tanda dimulainya rangkaian acara Millet Festival 2023.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian tradisional dari India dan Indonesia. Ratusan undangan yang hadir dalam festival sangat antusias dengan rangkaian acara milet.

Setelah acara pembukaan, digelar pula sebuah diskusi panel tentang milet, menghadirkan beberapa narasumber dari India maupun negara-negara ASEAN. Selain itu, keesokan harinya, pada Kamis (23/11), akan digelar workshop memasak milet di area pameran makanan di Mall Kota Kasablanka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA