Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua untuk Gaza, Total 21 Ton

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 20 November 2023, 15:38 WIB
Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua untuk Gaza, Total 21 Ton
Presiden RI Joko Widodo ketika melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk masyarakat Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin, 20 November 2023/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan tahap ke-2 dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat Palestina di Gaza.

Bantuan ini merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan masyarakat Indonesia dengan total 21 ton, berupa obat-obatan, pelengkapan rumah sakit, makanan, dan kebutuhan lain sesuai yang diperlukan masyarakat di Gaza.

"Alhamdulillah kembali lagi pada hari ini, kita akan mengirim bantuan pada saudara-saudara kita di Gaza sebanyak dua pesawat," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin (20/11).

Jokowi menuturkan, bantuan pemerintah bersumber dari anggaran sebesar Rp 31,9 miliar. Di samping itu, terdapat juga bantuan yang diberikan perusahaan, seperti PT Paragon Teknologi Inovasi, dan masyarakat, seperti Indonesian Humanitarian Alliance, Kitabisa, Baznas, hingga WeCare.

Adapun bantuan-bantuan tersebut dipilih berdasarkan rekomendasi badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA.

Seperti tahap pertama, bantuan tahap kedua akan dikirim melalui Bandara El Arish, Mesir. Setelahnya akan disalurkan ke Gaza.

"Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina," tegas Jokowi.

Presiden juga menuturkan bahwa saat ini Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah ditugaskan menjadi salah satu utusan khusus Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk berkoordinasi dengan sejumlah negara demi menghentikan kekejaman di Gaza.

Lebih lanjut, Jokowi berharap gencatan senjata dapat segera dilakukan sehingga bantuan kemanusiaan dapat masuk dengan baik ke Gaza.

“Sekali lagi, saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tekan Jokowi.

Pelepasan bantuan ini juga turut disaksikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

Tidak hanya itu, sejumlah figur publik juga turut menghadiri kegiatan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA