Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Forum APEC, Jokowi Bicara Soal Hak Hidup dan Nasib Warga Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 19 November 2023, 11:21 WIB
Di Forum APEC, Jokowi Bicara Soal Hak Hidup dan Nasib Warga Gaza
Presiden RI Joko Widodo di KTT ke-30 Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di San Francisco, Amerika Serikat pada Sabtu, 18 November 2023/Net
rmol news logo Komitmen Indonesia untuk menyuarakan aspirasi rakyat Palestina di forum internasional terus dilakukan.

Presiden RI, Joko Widodo turut menyoroti isu Gaza dalam pidatonya di sesi kedua KTT ke-30 Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di San Francisco, Amerika Serikat pada Sabtu (18/11).

Di awal pidatonya, Jokowi mengajak seluruh anggota APEC merenung sejenak dan memikirkan nasib jutaan warga Gaza yang semakin menderita akibat serangan udara Israel.

Jokowi mengatakan bahwa APEC harusnya tidak melulu bicara soal pembangunan, padahal warga di Jalur Gaza masih berjuang untuk mempertahankan kehidupan mereka.

"Jangankan berbicara mengenai hak pembangunan, hak mereka untuk hidup saja, tidak dihormati," tegasnya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri RI.

Oleh sebab itu, Presiden mendesak agar para pemimpin APEC ikut andil dalam upaya mengakhiri perang dan memulai gencatan senjata jangka panjang.

"Mendesak para pemimpin APEC untuk mengambil tindakan, menghentikan perang, segera mulai gencatan senjata," tegas Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA