Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bareng Papua Nugini dan Fiji, Indonesia Komitmen Jadikan Pasifik Kawasan Damai dan Sejahtera

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 17 November 2023, 13:58 WIB
Bareng Papua Nugini dan Fiji, Indonesia Komitmen Jadikan Pasifik Kawasan Damai dan Sejahtera
Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Papua Nugini James Marape, dan Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka di Moscone North, San Francisco, Amerika Serikat pada Kamis, 16 November 2023/Ist
rmol news logo Indonesia akan terus berkomitmen menjadikan kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo ketika menggelar pertemuan trilateral dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape dan Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka di Moscone North, San Francisco, Amerika Serikat pada Kamis (16/11).

“Saya tegaskan kembali, Indonesia berkomitmen kuat menjadikan kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera,” kata Jokowi, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Jokowi menyebut, pertemuan trilateral antara Indonesia, Papua Nugini, dan Fiji merupakan cerminan eratnya hubungan persaudaraan negara-negara Pasifik.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengapresiasi Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) yang telah menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia dalam sejumlah pertemuan.

Lebih lanjut, presiden menyampaikan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk memperkuat hubungan dengan MSG dan PIF melalui sejumlah kerjasama yang nyata.

“Komitmen ini telah ditunjukkan oleh Indonesia dalam berbagai kesempatan, antara lain mengundang PIF di KTT G20 dan KTT ASEAN,” imbuh Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan harapan Indonesia untuk menjadi mitra dalam pembangunan MSG dan PIF.

Pertemuan trilateral tersebut juga turut dihadiri oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA