Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbaiki Hubungan, Xi Jinping Ingin Kirim Panda ke Amerika Serikat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 November 2023, 18:55 WIB
Perbaiki Hubungan, Xi Jinping Ingin Kirim Panda ke Amerika Serikat
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Dalam upaya memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat (AS), Presiden China Xi Jinping ingin mengirim panda-panda baru ke Negeri Paman Sam.

Rencana itu diungkap oleh Xi ketika berbicara dalam sebuah forum di hadapan para pemimpin bisnis Amerika di San Francisco pada Rabu (15/11).

Xi mengatakan, panda merupakan utusan persahabatan antara rakyat China dan Amerika.

“Saya mengetahui bahwa Kebun Binatang San Diego dan masyarakat California sangat menantikan kedatangan panda kembali,” kata Xi, seperti dikutip CNN.

Hal tersebut disampaikan Xi beberapa jam setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela-sela KTT APEC.

“Kami siap melanjutkan kerja sama kami dengan Amerika Serikat dalam konservasi panda, dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi keinginan masyarakat California guna memperdalam hubungan persahabatan antara kedua masyarakat kami," lanjut Xi.

China telah mengirim panda ke lebih dari 20 negara di seluruh dunia sebagai utusan persahabatan. Tindakan ini kerap disebut sebagai "diplomasi panda".

Selama sedekade terakhir, Xi telah menyetujui pinjaman panda baru di seluruh Eropa, termasuk ke Jerman, Belanda, Denmark, dan Finlandia. Tahun lalu, China mengirim sepasang panda ke Qatar, yang merupakan pinjaman pertama ke negara Timur Tengah.

Sebaliknya, China belum memberikan pinjaman panda baru kepada AS selama dua dekade. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA