Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi-Biden Sepakati Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 14 November 2023, 07:44 WIB
Jokowi-Biden Sepakati Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-AS
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden melakukan pertemuan bilateral di Gedung Putih, Washington DC pada Senin, 13 November 2023/Net
rmol news logo Indonesia dan Amerika Serikat (AS) meningkatkan hubungan ke level Kemitraan Strategis Komprehensif, yang dapat mempererat kerjasama di berbagai bidang.

Kemitraan Strategis Komprehensif ini dibahas selama kunjungan Presiden RI Joko Widodo yang disambut Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC pada Senin (13/11) waktu setempat.

"Hari ini kita berbicara tentang membawa hubungan kita ke tingkat kerjasama setinggi mungkin: Kemitraan Strategis Komprehensif. Hal ini menandai era baru antara hubungan AS dan Indonesia secara keseluruhan," kata Biden, seperti dikutip dari laman resmi Gedung Putih, Selasa (14/11).

Biden menyebut Kemitraan Strategis Komprehensif antara AS dan Indonesia bisa meningkatkan kerjasama segala bidang, khususnya keamanan maritim, pembangunan rantai pasok yang aman, hingga upaya memerangi krisis iklim.

Jokowi kemudian menyambut kesepakatan tersebut, dengan menyebut AS sebagai salah satu mitra terpenting bagi Indonesia.

"Kami sepakat untuk meningkatkan kemitraan kami menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif. Namun yang terpenting, kita harus memberikan makna yang nyata terhadapnya," ujar Jokowi.

Ia menuturkan, bagi Indonesia, kerja sama ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasok.

Pembahasan gagasan mengenai Kemitraan Strategis Komprehensif antara Indonesia dan AS juga menjadi agenda selama kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris ke Indonesia di sela-sela KTT ke-34 ASEAN pada September. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA