Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netanyahu Pecat Menteri yang Bicara Soal Bom Nuklir Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 06 November 2023, 15:55 WIB
Netanyahu Pecat Menteri yang Bicara Soal Bom Nuklir Gaza
Menteri Warisan Budaya Israel, Amichai Eliyahu dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu/Net
rmol news logo Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberhentikan Menteri Warisan Budaya Israel, Amichai Eliyahu, karena membuat pernyataan kontroversial.

Eliyahu dipecat setelah dirinya pada Minggu (5/11) menyarankan agar tentara pemerintah Israel menjatuhkan nuklir di Gaza untuk membasmi Hamas.

Komentar itu menarik banyak kecaman salah satunya dari Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant yang menyebut perkataaan Eliyahu tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab.

Di sisi lain, Pemimpin oposisi Yair Lapid mendesak Netanyahu untuk memecat Eliyahu karena membuat pernyataan berbau ekstremis dan membahayakan seluruh tawanan Israel yang ditahan Hamas.

Merespon tuntutan dari banyak pihak, Netanyahu akhirnya ikut melontarkan kritikan terhadap Eliyahu.

PM Israel itu menyebut komentar menteri tidak berdasar dan menekankan bahwa Israel menjalani perang dengan mematuhi hukum internasional.

"Pernyataan Menteri Amihai Eliyahu tidak didasarkan pada kenyataan,” kata Netanyahu dalam sebuah postingan di X, sebelum memberhentikan Eliyahu dari rapat kabinet, seperti dimuat The Hill.

Dalam unggahan tersebut, Netanyahu juga menegaskan bahwa pihaknya tetap akan melanjutkan perang hingga 240 warga yang disandera Hamas dikembalikan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA