Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama Sejak Era Obama, China-AS Bahas Kontrol Senjata Nuklir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 November 2023, 17:56 WIB
Pertama Sejak Era Obama, China-AS Bahas Kontrol Senjata Nuklir
Penonton mengibarkan bendera China ketika kendaraan militer yang membawa rudal balistik DF-41 meluncur dalam parade 70 tahun berdirinya Partai Komunis China di Beijing pada 1 Oktober 2019/Net
rmol news logo China dan Amerika Serikat (AS) telah sepakat untuk membahas pengendalian senjata nuklir pada pekan ini. Ini akan jadi pertemuan pertama kedua negara terkait kontrol senjata nuklir sejak masa pemerintahan Presiden Barack Obama.

Kementerian Luar Negeri China pada awal pekan ini telah mengonfirmasi rencana pertemuan tersebut.

Pembahasan mengenai kontrol senjata nuklir menjadi agenda selama kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Washington.

Namun pertemuan akan dipimpin oleh pejabat Departemen Luar Negeri AS Mallory Stewat dan kepala departemen pengendalian senjata di Kementerian Luar Negeri China, Sun Xiaobo.

Sejauh ini belum ada laporan kapan jelasnya pertemuan ini akan diadakan.

Pada tahun 2021, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan kedua pemimpin negara telah sepakat untuk melanjutkan pembicaraan tentang stabilitas strategis, yang mengacu pada kekhawatiran Washington terkait peningkatan senjata nuklir Beijing.

Menurut laporan Pentagon pada bulan Oktober, China memiliki lebih dari 500 hulu ledak senjata nuklir operasional dan diperkirakan akan memiliki lebih dari 1.000 hulu ledak pada tahun 2030. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA