Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gen-Z Jepang dan ASEAN Pikirkan Solusi Atasi Isu Sosial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 31 Oktober 2023, 12:43 WIB
Gen-Z Jepang dan ASEAN Pikirkan Solusi Atasi Isu Sosial
Pre-event summit ASEAN Foundation bersama Japan External Trade Organization (JETRO) dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (METI) di Jakarta/Ist
rmol news logo ASEAN dan Jepang mendorong keterlibatan kaum muda untuk berkolaborasi mengembangkan solusi dan mengambil tindakan terhadap isu-isu sosial melalui pemberdayaan ekonomi.

Untuk membahas hal ini, ASEAN Foundation bersama Japan External Trade Organization (JETRO) dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (METI) sebelumnya sudah menggelar pertemuan pre-event summit selama dua hari di Jakarta, 18-19 Oktober 2023.

Pada pertemuan tersebut, para pemimpin bisnis Generasi Z (Gen-Z) dari negara-negara ASEAN, Jepang, dan Timor Leste turut hadir.

Ketua Dewan Pembina ASEAN Foundation dan Wakil Tetap Kerajaan Kamboja untuk ASEAN, Duta Besar Heng Sarith menyampaikan, penempatan anak muda di poros hubungan dan pembangunan ASEAN dan Jepang sangat penting.

“Kami percaya bahwa para pemimpin Gen-Z adalah bagian darinya. Pertemuan tersebut juga dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat kolaborasi yang menjunjung rasa kebersamaan, saling menghormati dan memahami tradisi dan nilai-nilai masing-masing serta membangun jaringan pebisnis muda ASEAN-Jepang,” kata Heng Sarith dikutip pada Selasa (31/10).

Pertemuan pre-event summit ini juga dimanfaatkan untuk mengembangkan team building untuk persiapan partisipasi di KTT Generasi Z bulan Desember mendatang di Karuizawa, Jepang.

Menjelang KTT di Jepang, Direktur Eksekutif JETRO iroshi Ishikawa mengatakan, para pemimpin Generasi Z adalah harapan masa depan ASEAN dan Jepang yang dapat menjawab tantangan-tantangan sosial mengatasi tantangan sosial dengan teknologi inovatif, hubungan saling percaya, dan kepemimpinan yang hebat.

“Kami percaya pre-event summit ini membangun dasar yang kuat untuk mengantarkan hasil yang nyata pada KTT di Karuizawa, Jepang," tuturnya.

Program-program di pertemuan pre-event summit ini disiapkan untuk meningkatkan kapasitas pemimpin Gen-Z sebagai pendukung dan agen dalam meningkatkan kemitraan dan kolaborasi Jepang dalam mendukung pembangunan ekonomi bersama ASEAN.

Program tersebut antara lain kegiatan ceramah, diskusi kelompok, panel yang dipimpin pakar, kunjungan lapangan ke beberapa perusahaan, kegiatan tim, membangun jejaring, pertukaran budaya, dan berdiskusi terhadap proposal bersama berupa rekomendasi kebijakan atau pernyataan kepada para pemimpin yang akan disampaikan di KTT Generasi Z Karuizawa. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA