Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPR AS Baru Tak Akan Pengaruhi Bantuan untuk Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 27 Oktober 2023, 14:27 WIB
Ketua DPR AS Baru Tak Akan Pengaruhi Bantuan untuk Ukraina
Ketua DPR AS, Mike Johnson/Net
rmol news logo Pemilihan Mike Johnson dari Partai Republik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) tidak akan mengubah jatah bantuan militer yang diberikan Washington untuk Ukraina.

Begitu yang disampaikan Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat US News pada Kamis (26/10).

Menurut Danilov, meskipun jabatan Ketua DPR saat ini diduduki oleh seorang anggota Partai Republik, tetapi sosok Mike Johnson sendiri telah berjanji untuk mendukung paket bantuan senjata ke Ukraina.

Bahkan, Danilov menilai, terpilihnya Johnson justru baik bagi Ukraina karena  mengakhiri kebuntuan politik AS yang berlangsung selama tiga minggu.

“Saya sangat yakin bahwa kerja sama akan terus berlanjut, bantuan akan terus berlanjut,” kata Danilov.

Sejak perang meletus Februari tahun lalu, Ukraina sangat bergantung pada dukungan dari mitranya baik secara militer maupun ekonomi.

Amerika Serikat tengah meninjau kembali bantuan berkelanjutan ke Kyiv karena Partai Republik menentang keras rencana tersebut.

Presiden AS Joe Biden pekan lalu meminta Kongres untuk meloloskan paket pendanaan senilai 106 miliar dolar AS. Dana itu akan digunakan untuk membantu mitranya, salah satunya Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA