Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Penyakit Kulit Serang Ternak, Korea Selatan Siapkan Vaksinasi Massal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Oktober 2023, 12:57 WIB
Wabah Penyakit Kulit Serang Ternak, Korea Selatan Siapkan Vaksinasi Massal
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Korea Selatan berencana meluncurkan kampanye vaksinasi massal pada hewan ternak untuk membendung wabah penyakit kulit yang marak menyerang sapi.

Kementerian Pertanian Korea Selatan pada Rabu (25/10) mengatakan pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan dalam dan luar negeri untuk mendapat 4 juta dosis vaksin pada akhir bulan ini.

Menurut Reuters, itu adalah jumlah yang cukup untuk memvaksinasi semua sapi yang ada di Korea Selatan. Pemerintah berencana menyelesaikan vaksinasi terhadap seluruh sapi di negara tersebut pada awal bulan depan.

“Jika inokulasi vaksin secara nasional selesai sesuai rencana, wabah penyakit kulit menggumpal diperkirakan akan stabil pada bulan November mengingat diperlukan periode tiga minggu untuk mengembangkan antibodi untuk imunisasi,” kata kementerian.

Upaya vaksinasi dilakukan setelah pihak berwenang melaporkan 29 kasus sejak wabah muncul pada pekan lalu.

Pihak berwenang telah memusnahkan semua sapi di fasilitas yang terkena dampak dan memberlakukan larangan transportasi sementara di peternakan terdekat, sambil memvaksinasi ternak di sana menggunakan 540 ribu dosis yang mereka miliki.

Penyakit virus yang sangat menular ini menyebabkan lepuh dan mengurangi produksi susu. Penyakit ini ditularkan melalui serangga penghisap darah seperti nyamuk, kutu, dan lalat. Namun tidak menimbulkan risiko bagi manusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA