Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Bulan Menghilang, Menhan China Resmi Dipecat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Oktober 2023, 09:16 WIB
Dua Bulan Menghilang, Menhan China Resmi Dipecat
Menteri Pertahanan China Li Shangfu/Net
rmol news logo Menteri Pertahanan China Li Shangfu secara resmi dipecat. Li terakhir kali terlihat di depan publik pada akhir Agustus.

Media pemerintah mengatakan Presiden Xi Jinping telah menandatangani pemecatan Li dari jabatannya sebagai Menhan pada Selasa (24/10).

Pria 65 tahun itu juga kehilangan jabatan politik lainnya, termasuk sebagai anggota dewan negara bagian dan anggota Komisi Militer Pusat.

Dimuat CCTV, hingga saat ini belum ada pengganti Li yang diumumkan.

Li menjabat sebagai Menhan China pada Maret 2023. Ia dipandang sebagai loyalis Xi sejak memberikan pidato di Beijing pada tanggal 29 Agustus.

AS menjatuhkan sanksi terhadap Li pada tahun 2018 atas pembelian senjata dari Rusia, termasuk pesawat tempur Su-35 dan sistem rudal permukaan-ke-udara S-400.

Li dikenal enggan melakukan kontak dengan militer AS, sehingga dinilai menjadi masalah dalam komunikasi militer Washington-Beijing.

Pemecatan Li terjadi beberapa bulan sejak Menteri Luar Negeri Qin Gang dicopot dari jabatannya pada bulan Juli tanpa penjelasan. Qin Gang, 57 tahun, juga dicopot dari jabatannya sebagai anggota dewan negara bagian.

Sebagai pengganti, Wang Yi, seorang diplomat veteran, diumumkan mengambil alih jabatan menteri luar negeri pada bulan Juli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA