Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sektor Pertanian Sumbang 18 Persen PDB India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 23 Oktober 2023, 17:03 WIB
Sektor Pertanian Sumbang 18 Persen PDB India
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pertanian secara konsisten memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian India.

Berdasarkan data pemerintah  yang dikutip redaksi pada Senin (23/10), saat ini 45 persen penduduk India masih menggantungkan hidup pada sektor pertanian.

"Sektor pertanian India merupakan urat nadi perekonomiannya, yang telah tertanam kuat dalam tatanan masyarakat dan budayanya," ungkap laporan tersebut.

Pertumbuhan pertanian di India telah mengalami perubahan pesat, terbukti dengan tingkat pertumbuhannya melebihi 3 persen secara konsisten selama rentang waktu empat tahun, mulai dari 2019 hingga 2023.

Bahkan sektor pertanian juga telah menyumbang sekitar 18 persen dari PDB nasional India.

Kemajuan ini tidak lepas dari keberhasilan implementasi berbagai kebijakan pemerintah, seperti Pradhan Mantri Fasal Bima Yojana (PMFBY), E-NAM, Dana Irigasi Mikro (MIF), kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pertukaran pengetahuan, dukungan kebijakan, dan strategi ketahanan iklim.

Pemerintah juga berupaya  memastikan harga tetap menguntungkan bagi petani, mendorong diversifikasi tanaman, dan meningkatkan infrastruktur pasar melalui pembentukan organisasi petani-produsen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA