Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Pilpres 2023, Ini Tiga Capres Terpopuler Argentina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Oktober 2023, 14:18 WIB
Gelar Pilpres 2023, Ini Tiga Capres Terpopuler Argentina
Petugas KPU Argentina tengah mengalokasikan kotak suara/Net
rmol news logo Argentina menggelar pemilu untuk memilih presiden, wakil presiden, anggota kongres, dan sejumlah gubernur pada Minggu (22/10).

Tempat pemungutan suara dibuka sejak Minggu pukul 8 pagi waktu setempat. Warga mulai berbondong-bondong memberikan suaranya.

Pilpres ini ditujukan untuk mengganti kekuasaan petahana, Alberto Fernandez, yang memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam pemilihan.

Untuk Pilpres kali ini, terdapat tiga calon terkemuka di Argentina, yaitu Javier Milei, Patricia Bullrich, dan Sergio Massa.

Javier Milei merupakan pemimpin populis sayap kanan partai Liberty Advances berusia 52 tahun. Ia adalah kandidat terdepan yang eksentrik dalam pemilihan pendahuluan bulan Agustus. Milei sering dibandingkan dengan tokoh sayap kanan seperti Donald Trump di AS dan Jair Bolsonaro di Brasil.

Patricia Bullrich, 67 tahun, adalah mantan menteri keamanan dan kandidat dari koalisi sayap kanan-tengah Bersama untuk Perubahan. Bullrich ingin segera menghilangkan kontrol modal, memotong pengeluaran untuk mengatasi inflasi dan menurunkan pajak atas ekspor pertanian, yang merupakan mesin ekonomi utama Argentina.

Sementara Sergio Massa, 51 tahun, adalah menteri perekonomian saat ini dan kandidat utama untuk koalisi pemerintahan yang sekarang disebut Persatuan untuk Tanah Air. Ia adalah seorang tokoh sentris yang pragmatis, telah dikritik oleh kelompok sayap kiri karena pemotongan belanja sosial, sementara kelompok konservatif mengatakan dia tidak berbuat cukup banyak untuk mengurangi defisit fiskal.

Mereka yang menang dalam Pilpres ini akan menjabat mulai 10 Desember 2023. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA