Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat Deplu AS Mundur Usai Biden Kirim Senjata ke Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 19 Oktober 2023, 15:06 WIB
Pejabat Deplu AS Mundur Usai Biden Kirim Senjata ke Israel
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mengundurkan diri sebagai protes atas keputusan pemerintahan Presiden Joe Biden yang mengirim senjata dan amunisi ke Israel.

Ia adalah Josh Paul, yang menjabat sebagai direktur kongres dan urusan publik di Biro Urusan Politik-Militer Deplu AS selama 11 tahun.

Lewat surat pengunduran dirinya pada pekan ini yang dikutip The New York Times pada Kamis (19/10), Paul mengatakan keputusan pemerintah untuk mendukung Israel dilakukan secara buta dan tidak sesuai dengan prinsipnya.

“Respons yang diambil Israel, dan dengan itu dukungan Amerika terhadap respons tersebut dan terhadap status quo pendudukan, hanya akan menyebabkan penderitaan yang lebih besar bagi rakyat Israel dan Palestina,” tulisnya.

Dalam sebuah wawancara, Paul mengatakan, penghentian pasokan air, makanan, listrik, dan perawatan medis ke Gaza oleh Israel telah melanggar hak asasi manusia.

"Saya khawatir kita akan mengulangi kesalahan yang sama yang telah kita lakukan selama beberapa dekade terakhir, dan saya menolak untuk menjadi bagian dari kesalahan tersebut lebih lama lagi," tambah Paul.

Paul mengungkap, pemerintah AS telah menyetujui sejumlah penjualan dan kiriman material ke negara-negara Timur Tengah lain, meski seharusnya tidak dilakukan.

Sejak memposting surat pengunduran dirinya secara online pada Rabu (18/10), Paul mengungkap dia telah menerima banyak dukungan dari rekan-rekan Departemen Luar Negeri dan anggota staf kongres. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA