Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Veto Resolusi DK PBB untuk Jeda Kemanusiaan di Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 19 Oktober 2023, 12:54 WIB
AS Veto Resolusi DK PBB untuk Jeda Kemanusiaan di Gaza
Asap hitam mengepul di Gaza akibat serangan Israel/Reuters
rmol news logo Amerika Serikat (AS) memveto resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menyerukan dibentuknya jeda kemanusiaan dalam konflik antara Israel dan Hamas.

Pemungutan suara dilakukan pada Rabu (18/10) untuk draft resolusi yang diajukan oleh Brasil. Pemungutan suara sempat tertunda dua kali selama beberapa hari terakhir karena AS berusaha menjadi perantara untuk membuka akses bantuan ke Gaza.

Sebanyak 12 anggota memberikan suara dukungan, sementara Rusia dan Inggris memilih abstain.

"Kami sedang melakukan kerja keras diplomasi. Kami yakin kita perlu membiarkan diplomasi berjalan," kata Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, seperti dimuat Reuters.

Secara tradisional, AS selalu melindungi Israel dari tindakan Dewan Keamanan apapun. Pada Senin (16/10), resolusi yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan yang diinisiasi oleh Rusia juga telah gagal disahkan.

“Kami sekali lagi menjadi saksi kemunafikan dan standar ganda rekan-rekan Amerika kami,” kata Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia.

Rusia mengatakan pihaknya telah meminta Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang untuk mengadakan sidang khusus darurat mengenai situasi di Gaza

Mereka dapat memutuskan untuk mengajukan rancangan resolusi melalui pemungutan suara di sana, di mana tidak ada negara yang memiliki hak veto. Resolusi Majelis Umum tidak mengikat, namun memiliki bobot politik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA