Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Jaishankar: Hubungan India-Vietnam Penting untuk Indo-Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 Oktober 2023, 13:19 WIB
Menlu Jaishankar: Hubungan India-Vietnam Penting untuk Indo-Pasifik
Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh/Net
rmol news logo India dan Vietnam sepakat untuk mempererat hubungan bilateral. Keduanya juga sepakat untuk lebih berkontribusi terhadap Indo-Pasifik yang stabil, aman, dan sejahtera.

Upaya mempererat hubungan dua negara ini disampaikan selama pertemuan Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh pada awal pekan ini, Senin (16/10). Pada hari yang sama, Jaishankar juga bertemu dengan Ketua Komisi Hubungan Eksternal Partai Komunis Vietnam, Le Hoai Trung.

“Pertukaran pandangan yang bermanfaat dengan Le Hoai Trung, Ketua Komisi Hubungan Eksternal Partai Komunis Vietnam. Pendekatan konvergensi India dan Vietnam terhadap isu-isu utama regional dan global terlihat nyata,” tulis Jaishankar di X.

Menurut ANI News pada Rabu (18/10), Jaishankar memanfaatkan kunjungan ke Vietnam dengan berpidato di Akademi Diplomatik Vietnam. Ia membahas mengenai peran India di Indo-Pasifik, serta upaya kerja sama dua negara.

"Menunjukkan bagaimana India dan Vietnam, dengan pola pikir independen mereka, dapat mendorong tatanan global yang multipolar dan berbasis aturan," jelas Jaishankar.

Dalam pidatonya, Jaishankar juga menyoroti pentingnya kerjasama India dan Vietnam, serta sentralitas ASEAN dan kontribusi Quad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA