Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping: Indonesia Ujung Tombak Kerja Sama Belt and Road Initiative

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 22:45 WIB
Xi Jinping: Indonesia Ujung Tombak Kerja Sama Belt and Road Initiative
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Presiden China Xi Jinping memuji kerja sama Belt and Road Initiative (BRI) antara Beijing dan Indonesia. Ia bahkan menyebut kerja sama tersebut merupakan ujung tombak di kawasan dan contoh untuk dunia.

Hal itu disampaikan Xi ketika melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Beijing, China pada Selasa (17/10). Keberadaan Jokowi di Beijing sendiri ditujukan untuk menghadiri Belt and Road Forum for International Cooperation.

“Dalam kerja sama Belt and Road Initiative, China dan Indonesia menjadi ujung tombak di kawasan ini dan memberikan contoh penting bagi dunia,” kata Xi.

Baru-baru ini Indonesia telah meluncurkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang merupakan bagian dari proyek BRI. KCJB menjadi kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

“Beijing siap meningkatkan dukungan timbal balik dengan Indonesia dalam perjalanan menuju modernitas dan peremajaan nasional,” lanjut Xi.

Dalam pertemuan tersebut, Xi dan Jokowi menyaksikan penandatanganan dokumen kerja sama bilateral mengenai pembentukan mekanisme koordinasi kerja sama BRI, serta beberapa kerja sama lain.

China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan investor terbesar kedua bagi Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA