Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pancing Kemarahan Korut, Bomber Nuklir B-52 Mendarat di Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 18:39 WIB
Pancing Kemarahan Korut, Bomber Nuklir B-52 Mendarat di Korsel
Bomber B-52/Net
rmol news logo Korea Selatan mendapat kunjungan dari pesawat pembom B-52 berkemampuan nuklir milik Amerika Serikat (AS). Bomber ini mendarat di negeri ginseng untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.

Yonhap melaporkan, bomber B-52 mendarat di Pangkalan Udara Cheongju, sekitar 110 kilometer dari selatan Seoul pada Selasa (17/10). Bomber ini mendarat setelah pertama kali melakukan flyover di pameran pertahanan terbesar Korea Selatan.

Bomber B-52 dapat terbang dengan kecepatan subsonik dapat menempuh jarak lebih dari 8.800 mil tanpa mengisi bahan bakar pada ketinggian mencapai 50 ribu kaki.

Mengutip The Defense Post, kedatangan bomber ini terjadi sepekan setelah kunjungan kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan ke pelabuhan Korea Selatan.

Docking kapal induk tersebut di Busan memicu kemarahan dari Korea Utara. Pyongyang mengatakan bahwa hal tersebut menunjukkan bahwa Washington telah melakukan fase paling serius dalam persiapan menghadapi potensi perang nuklir.

Saat ini militer AS menempatkan sekitar 28 ribu tentara di Korea Selatan. AS terikat perjanjian untuk mempertahankan Korea Selatan dari serangan Korea Utara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA