Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Siap Kirim Bantuan Rp 157 Miliar untuk Warga Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 16:25 WIB
Jepang Siap Kirim Bantuan Rp 157 Miliar untuk Warga Gaza
Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa/Net
rmol news logo Bantuan darurat senilai 10 juta dolar AS (Rp 157 Miliar) akan diberikan pemerintah Jepang kepada warga sipil Gaza yang terdampak perang Israel-Hamas.

Hal itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa dalam sebuah pernyataan pada Selasa (17/10).

Kamikawa mengatakan bahwa negaranya saat ini terus mengikuti perkembangan situasi di Gaza dengan penuh keprihatinan dan berharap bahwa perang akan berakhir sesegera mungkin.

"Kami akan terus melakukan upaya diplomatik untuk meningkatkan akses kemanusiaan sehingga bantuan yang diperlukan, seperti makanan, air, layanan medis dan kesehatan, dapat diberikan kepada warga sipil tak berdosa dan pengungsi Palestina,” kata Kamikawa seperti dimuat Reuters.

Jepang sangat bergantung pada impor minyak mentah dari negara-negara Timur Tengah dan secara tradisional memelihara hubungan persahabatan dengan mereka.

Kamikawa, yang mulai menjabat sekitar sebulan lalu, telah mengadakan pembicaraan telepon dengan rekan-rekannya dari kawasan seperti Mesir, Yordania dan Arab Saudi, serta Israel dan Palestina.

Israel mengumumkan perang sehari setelah Hamas serangan mendadak ke wilayah selatan pada Sabtu (7/10). Ribuan orang di kedua belah pihak telah tewas sejauh ini.

Situasi kemanusiaan di Gaza yang dikuasai Hamas dengan cepat memburuk ketika Israel mengepung daerah kantong itu dan memutus layanan dasar, dan peringatannya terhadap penduduk untuk mengungsi dari utara Gaza telah menyebabkan ratusan ribu warga Palestina mengungsi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA