Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok, Jokowi Bakal Pimpin Rapat AIS Forum 2023 di Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 16:35 WIB
Besok, Jokowi Bakal Pimpin Rapat AIS Forum 2023 di Bali
Presiden RI Joko Widodo/Net
rmol news logo Pertemuan High Level Meeting Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 akan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo mulai besok, Rabu (11/10).

Hal itu diungkap oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam sebuah keterangan resmi setelah memimpin pertemuan para Menlu AIS di Bali, pada Selasa (10/10).

"High Level Meeting yang akan diselenggarakan besok pada tanggal 11 Oktober, yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi," ungkap Menlu.

Di lain tempat, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong meyakini bahwa AIS Forum mampu membantu aspirasi negara-negara pulau dan kepulauan dapat didengar komunitas internasional.

"Kita ingin suara-suara negara pulau dan kepulauan ini didengar di level internasional," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Usman menambahkan, pelaksanaan KTT AIS akan membahas tiga isu penting. Seperti, pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

Selain pertemuan tingkat tinggi, AIS Forum disebut telah meluncurkan program AIS Blue Hub dan AIS Research and Development Center sebagai side events KTT AIS Forum 2023, di Hotel Mulia, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada Selasa (10/10).

AIS Forum berawal dari Deklarasi Manado pada 1 November 2028 lalu. Mulanya pembentukan AIS Forum hanya disepakati oleh 47 negara sebelum akhirnya berkembang menjadi 51 negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA