Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Dendam, AS Usir Dua Diplomat Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 07 Oktober 2023, 09:10 WIB
Balas Dendam, AS Usir Dua Diplomat Rusia
ILustrasi/Net
rmol news logo Dua diplomat Rusia kembali diusir dari Amerika Serikat (As), menyusul tindakan serupa yang dilakukan Moskow.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada Jumat (6/10), bahwa keputusan tersebut sebagai tanggapan atas langkah Rusia yang mengusir dua diplomat Amerika.

“Menanggapi pengusiran dua diplomat Kedutaan Besar AS di Moskow oleh Federasi Rusia, Departemen Luar Negeri membalas dengan menyatakan persona non grata dua pejabat Kedutaan Besar Rusia yang beroperasi di Amerika Serikat,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri, seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (7/10).

Pejabat itu mengatakan Departemen Luar Negeri tidak akan mentolerir pola pelecehan yang dilakukan pemerintah Rusia terhadap diplomat Amerika.

“Tindakan Departemen ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa tindakan yang tidak dapat diterima terhadap personel Kedutaan Besar kami di Moskow akan mempunyai konsekuensi,” kata pejabat itu.

Pada 14 September, Rusia mengusir dua pegawai Kedutaan Besar AS di Moskow dan dinyatakan sebagai personae non gratae. Duta Besar AS untuk Moskow Lynne Tracy dipanggil ke Kementerian Luar Negeri, di mana dia diberikan sebuah catatan yang menjelaskan bahwa tindakan sekretaris pertama dan kedua kedutaan tidak sesuai dengan status diplomatik mereka. Kedua pegawai misi diplomatik Amerika di Moskow ini diperintahkan meninggalkan Rusia.

Tahun lalu, Rusia mengusir Wakil Kepala Misi AS Bart Gorman dari Moskow setelah AS memberikan jawaban yang dianggap tidak memuaskan kepada Rusia mengenai proposal dan jaminan keamanan yang diminta Moskow. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA