Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden: Tanpa Menutup Kemungkinan, untuk Saat Ini Belum Ada Rencana Pertemuan dengan Xi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 07 Oktober 2023, 08:44 WIB
Biden: Tanpa Menutup Kemungkinan, untuk Saat Ini Belum Ada Rencana Pertemuan dengan Xi
Presiden Chin Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden saat bertemu di KTT G20 Bali 2022/Net
rmol news logo Rumor akan ada pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di California bulan depan mendapat tanggapan dari Presiden AS Joe Biden.

Biden mengatakan, tanpa menutup kemungkinan, untuk saat ini belum ada rencana pertemuan dengan Xi.

“Tidak ada pertemuan seperti itu yang direncanakan, namun ada kemungkinan,” katanya kepada wartawan dalam sambutannya di Gedung Putih pada Jumat, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (7/10).

Sebelumnya, The Washington Post melaporkan bahwa Gedung Putih membuat rencana bagi kedua pemimpin untuk bertemu langsung di sela-sela forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, yang mana Amerika Serikat dan China adalah anggotanya.

Seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada Post bahwa rencana pertemuan Biden dan Xi cukup tegas.

Pihak lain mengatakan akan ada klarifikasi lebih lanjut mengenai kemungkinan pertemuan setelah kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Washington dalam beberapa minggu mendatang.

Jika rencana tersebut terwujud, ini akan menjadi pertama kalinya Biden dan Xi bertemu sejak KTT G20 di Indonesia tahun lalu.

Washington dan Beijing telah berupaya meredakan ketegangan dalam beberapa bulan terakhir, termasuk menggelar pertemuan pejabat tingkat tinggi kedua negara.

Hubungan antara kedua negara menjadi tegang karena masalah Taiwan, pembatasan perdagangan, tuduhan mata-mata, dan masalah lainnya.

San Francisco akan menjadi tuan rumah KTT APEC pada bulan November, yang mungkin akan dihadiri oleh Xi. Pemimpin China tersebut melewatkan KTT G20 di New Delhi bulan lalu, sementara Biden hadir. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA