Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin: Barat Makmur Berkat Hasil Menjarah di Seluruh Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 06 Oktober 2023, 09:13 WIB
Putin: Barat Makmur Berkat Hasil Menjarah di Seluruh Dunia
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato pada sesi pleno sebagai bagian dari pertemuan tahunan ke-20 Klub Diskusi Valdai, di Sochi, wilayah Krasnodar, Rusia/Net
rmol news logo Mayoritas negara-negara Barat hidup dalam kemakmuran dan lebih maju dibanding negara di belahan dunia lainnya. Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, hal itu sebagian besar didapat berkat penjarahan koloni-koloninya di seluruh dunia.

Putin mengatakan hal itu saat berbicara pada sesi pleno pertemuan ke-20 Klub Diskusi Internasional Valdai di Sochi, Kamis (5/10) waktu setempat.

“Pengaruh Barat di dunia adalah sebuah piramida keuangan-militer yang sangat besar. Negara ini terus-menerus membutuhkan bahan bakar baru untuk mendukung dirinya sendiri: alam, teknologi, sumber daya manusia yang dimiliki pihak lain,” kata Putin pada sesi pleno, seperti dimuat RT.

Putin mengatakan, setelah berakhirnya Perang Dingin, kolektif Barat, yang dipimpin oleh AS, telah berupaya untuk membangun dan mempertahankan hegemoni globalnya.

“Dunia ini terlalu kompleks dan terlalu beragam untuk dibentuk berdasarkan satu skema, meskipun di baliknya terdapat kekuatan, kekuatan Barat yang sangat besar, yang terakumulasi selama berabad-abad kolonialisme,” katanya.

Putin dalam pernyataannya juga menyalahkan Barat atas krisis global, yang menurutnya terjadi karena “kepercayaan diri” yang ditunjukkan oleh kolektif Barat dan penolakannya untuk mempertimbangkan dan bahkan mendengarkan posisi aktor internasional lainnya.

"Pada awal abad ke-21, terdapat harapan bahwa negara dan masyarakat telah mengambil pelajaran dari konfrontasi ideologi militer yang destruktif dan memakan biaya besar pada abad lalu, namun hal tersebut tidak terbukti," kata Putin.

“Keegoisan, kesombongan, dan ketidakpedulian terhadap tantangan nyata pasti akan membawa kita ke jalan buntu, begitu juga dengan upaya pihak yang lebih kuat untuk memaksakan ide dan kepentingan mereka pada orang lain. Hal ini seharusnya menjadi jelas bagi semua orang – memang seharusnya demikian, namun ternyata tidak demikian,” tegasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA